Jumat, 12 Juli 2019

Gimbal Udang Rebon
Gimbal Udang Rebon. Pic by Farida Asadi.
Di daerah kota Kendal, Gimbal udang merupakan salah satu makanan yang ada di dalam makanan hajatan pernikahan atau selamatan.

Gimbal udang juga menjadi primadona sekaligus oleh-oleh khas pantai Ngebum, Kaliwungu, Kendal. Lalu bagaimanakah cara mudah membuat Gimbal? Dan kali ini rumahmayafarida.blogspot.com ingin berbagi cerita tentang Gimbal udang rebon.

Untuk membuat gimbal udang Rebon ini maka persiapkan dulu bahan-bahannya seperti udang rebon, tepung beras, minyak goreng, air, garam, bawang putih, dan ketumbar.

Jika tidak ada udang rebon maka bisa diganti dengan udang yang ukurannya agak sedikit besar. Akan tetapi, jangan menggunakan udang yang ukurannya terlalu besar karena nantinya akan mengurangi kerenyahan dari gimbal udang tersebut. Dan inilah proses membuat gimbal udang rebon,

Pertama, haluskan terlebih dahulu bumbunya seperti garam, bawang putih, dan ketumbar. Kemudian, campurkan bumbu dengan tepung beras lalu tambahkan air secukupnya. Aduk sampai menyatu dan pastikan adonan tidak terlalu encer.

Kedua, tambahkan udang rebon pada adonan tepung beras yang sudah dibumbui tadi. Selanjutnya, nyalakan kompor dan panaskan minyak goreng pada wajan sampai minyak goreng tersebut siap untuk proses penggorengan.

Ketiga, masukkan adonan yang sudah siap tadi dengan susruk berbentuk setengah bola ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Kemudian goreng adonan gimbal udang rebon sampai berwarna agak kecoklatan dan matang.

Keempat, setelah matang maka tiriskan dahulu gimbal udang rebon tersebut agar kadar minyaknya berkurang. Setelah itu masukkan gimbal udang rebon yang sudah matang ke dalam toples agar gimbal udang rebon tetap renyah.

Nah, itulah sedikit tips dan cara membuat gimbal udang rebon yang praktis dan mudah. Gimbal udang rebon juga bisa dijadikan peluang usaha karena gimbal udang rebon disukai oleh orang banyak.

Gimbal udang rebon enak dinikmati bersama nasi, sup atau sayur. Bahkan gimbal udang rebon juga enak jika dinikmati begitu saja sebagai camilan.

Lalu bagaimanakah dengan beberapa pendapat warga Kendal apabila teringat dengan Gimbal udang? Berikut ini adalah beberapa opini dari para warga Kendal ketika teringat dengan Gimbal udang yang renyah dan kriuk yaitu,

Gimbal udang itu enak dan mantap (Rena Nasiatul Maula)

Gimbal udang itu camilan kesukaan keluarga kami (Siti Romdlonah)

Gimbal udang itu memang enak (Nafi’atun)

Gimbal udang itu adonan tepung beras yang dicampur dengan udang (Tumi)

Gimbal udang itu bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan (Siti Faridah)

Itulah beberapa pendapat warga Kendal tentang Gimbal udang. Lalu bagaimana pendapat kalian tentang Gimbal udang? Apakah pendapat kalian tentang Gimbal udang sama dengan pendapat mereka?

Lalu sudahkah kalian tahu tentang udang dan tepung beras yang banyak dicari oleh masyarakat karena memiliki berbagai manfaat? Maka kali ini rumahmayafarida.blogspot.com ingin berbagi cerita tentang udang dan tepung beras seperti berikut ini.

1. Udang

Udang merupakan favorit para kaum ibu-ibu karena udang bisa dimasak dengan tahu, telur, daun pepaya atau yang lainnya. Namun bagi kalian yang memiliki alergi jika makan udang maka jangan makan udang agar alergi tersebut tidak kambuh.

2. Tepung Beras

Tepung beras banyak digunakan untuk membuat beraneka macam makanan seperti bubur, keripik, gimbal, dan makanan yang lainnya.

Tepung beras merupakan tepung yang terbuat dari beras. Tepung beras bisa dibeli warung atau toko terdekat. Biasanya tepung beras dijual dengan kemasan seperempat kilogram dan setengah kilogram.

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates