Minggu, 29 September 2019

Sunshine Becomes You
Cover Novel Sunshine Becomes You. Pic from Gramedia
Salah satu teman saya membaca novel Sunshine Becomes You kala itu. Hingga akhirnya saya pun penasaran ingin membaca novel tersebut. Lalu seperti apa sih novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan tersebut?

Identitas Buku

Judul Buku : Sunshine Becomes You

Penulis : Ilana Tan

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Tahun 2012

Jumlah Halaman : 432 Halaman

ISBN : 978-602-03-2400-5

Rating : *** (Menurut Pendapat Saya Pribadi)

Sinopsis 

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu-malaikat kegelapan yang membuatnya cacat.

Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.

Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

Novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan ini menceritakan tentang Alex Hirano dan segala kehidupannya. Alex Hirano adalah pria keturunan Jepang yang lahir, besar, dan menetap di Amerika Serikat. Alex Hirano tipe lelaki pendiam yang tidak banyak bicara. Alex Hirano adalah seorang pianis terkenal yang memiliki seorang adik. Adiknya Alex Hirano bernama Ray Hirano.

Suatu ketika, Alex dan Ray Hirano bertemu dengan seorang penari kontemporer yaitu Mia Clark. Tapi, saat itu kejadian buruk terjadi karena Alex dan Mia mengalami kecelakaan yang tak terduga sehingga mereka berdua harus dibawa ke rumah sakit.

Keadaan Mia baik-baik saja sedangkan Alex mengalami kecelakaan pada tangannya sehingga tanganya harus diperban sehingga dalam waktu dua bulan maka Alex tidak bisa memainkan piano dan segala konser Alex bermain piano harus dibatalkan.

Sebagai permintaan maaf atas kejadian tersebut, maka Mia menawarkan diri untuk melakukan pekerjaan di apartemen Alex seperti membuat kopi, memasak, dan menyiram tanaman. Hingga kemudian Alex dan Mia mulai dekat dan Alex sudah tidak marah lagi kepada Mia karena kejadian tersebut. Tapi ternyata Ray menyukai Mia sedangkan Mia bersikap biasa saja. Lalu apa jadinya jika Mia menyukai Alex dan Alex juga mulai menyukai Mia?

Awalnya saya penasaran untuk membaca novel Sunshine Becomes You dan saya merasa bahagia karena akhirnya bisa membaca novel ini. Menurut pendapat saya, novel ini memiliki jumlah halaman yang banyak sehingga saya kurang suka akan hal tersebut.

Novel ini asik dibaca bagi seseorang yang suka membaca novel bergenre romance dengan latar tempat di kota New York. Dan novel ini juga yang membuat saya suka dengan dunia piano dan dunia penari karena Alex Hirano seorang pianis dan Mia Clark seorang penari kontemporer.

Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu dan gaya bahasa serta pemilihan kata di dalam novel ini tergolong kaku menurut pendapat saya. Namun novel ini juga membuat saya membuka wawasan baru seputar dunia menari.

Melalui novel ini saya banyak tahu seputar dunia menari seperti pirouette (berputar dengan bertumpu pada satu kaki). Adapula hal yang saya suka dari novel yaitu kalimat favorit yang menurut saya menarik dan mudah untuk diingat yaitu

Memang benar kata orang. Penyesalan selalu datang terlambat. Hal 54

Mengobrol tentang musik dan hal-hal menyenangkan lainnya dengan orang-orang yang menyenangkan memang membuat waktu cepat berlalu. – Hal 84

Bagaimanapun, sesuatu yang sudah tidak asing pasti membuatmu merasa nyaman. Bukankah begitu? – Hal 114

Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kau percayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku. – Hal 429

Seseorang pernah berkata padaku bahwa dia tidak tahu kenapa aku bisa mencintai orang seperti dirinya. Terus terang saja, aku juga tidak tahu. Kurasa aku termasuk salah satu orang yang merasa kau tidak membutuhkan alasan untuk mencintai seseorang. Karena cinta terjadi begitu saja. Kau tidak bisa memaksakan diri mencintai seseorang, sama seperti kau tidak bisa memaksakan diri membenci orang yang kau cintai. – Hal 431

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates