Kamis, 24 Oktober 2019

Kanker Payudara
Pic from www.pexels.com
Berita duka itu terdengar samar-samar, saya seperti masih dalam dunia mimpi kala itu. Di dusun sebelah, ada seorang perempuan muda yang sudah mempunyai seorang anak berusia tiga tahun.

Perempuan tersebut meninggal dunia karena terkena kanker payudara. Saat mendengar berita duka tersebut saya menjadi sedih karena saya sebagai seorang perempuan bisa juga terkena kanker payudara. Ada rasa sedih karena ada banyak perempuan yang terkena kanker payudara.

Lalu apa itu kanker payudara? Menurut Wikipedia Indonesia, kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara dan merupakan jenis kanker paling umum yang diderita oleh kaum wanita.

Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara walaupun kemungkinannya lebih kecil. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika diperlukan dilanjutkan dengan kemoterapi.

Saya pun banyak mencari informasi seputar kanker payudara melalui website Blogger Perempuan. Dari website Blogger Perempuan, akhirnya saya tahu kalau menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, angka kanker payudara tercatat sebanyak 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Lalu saya teringat dengan bulan ini yang merupakan bulan Oktober. Karena bulan Oktober selalu mengingatkan saya untuk tetap waspada terhadap kanker payudara. Lalu sudah tahu kah kalian jika bulan Oktober erat kaitannya dengan kanker payudara?

Bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month). Dan berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan agar tetap waspada terhadap kanker payudara yaitu,

1. Memeriksa Diri Sendiri

Memeriksa diri sendiri adalah upaya yang tepat untuk mendeteksi kanker payudara. Cara memeriksanya yaitu periksa diri sendiri apakah ada benjolan, kerutan atau gejala yang lainnya di area payudara. 

2. Menghindari Makanan Pemicu Kanker Payudara

Saat ini ada banyak makanan yang tidak sehat namun bisa membuat kita ingin mencoba makanan tersebut. Untuk menghindari terkena kanker payudara maka kita bisa menghindari makanan pemicu kanker payudara dan memperbanyak makan sayur dan buah karena sayur dan buah bagus untuk kesehatan.

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga merupakan upaya untuk tetap waspada terhadap kanker payudara. Menerapkan pola hidup sehat bisa dimulai melalui rutin berolahraga dengan durasi minimal setengah jam per hari.

Selanjutnya adalah tidak merokok dan menghindari stress. Merokok itu bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain. Merokok juga bisa mengakibatkan uang cepat habis karena harga rokok yang semakin mahal.

4. Memilih Bra yang Tepat

Memilih bra yang tepat juga merupakan upaya untuk tetap waspada terhadap kanker payudara. Maka dari itu pakailah bra yang sesuai saat berkegiatan, misalnya saja memakai sport bra saat berolahraga agar bisa menyerap keringat dengan baik.

Memakai bra juga harus disesuaikan dengan ukuran payudara karena jika bra yang dipakai tidak sesuai dengan ukuran payudara kita maka bisa membuat kita tidak nyaman. Selain itu, jangan memakai bra saat tidur. Lepaskan bra saat tidur agar payudara bisa leluasa dan bisa bernafas. 

Kalian juga harus mengganti bra secara rutin dan berkala. Jika bra sudah rusak dan tidak layak pakai maka buang saja bra tersebut dan belilah bra baru yang sesuai dengan ukuran payudara kalian.

Membicarakan seputar bra membuat saya teringat dengan Wacoal. Menurut pendapat saya, Wacoal merupakan tempat yang pas untuk membeli bra sesuai dengan keinginan kita.

Wacoal juga mendukung bulan peduli kanker payudara dengan menyediakan kotak donasi di toko Wacoal. Untuk area kota Semarang, ada beberapa toko Wacoal yaitu Wacoal Ciputra Semarang dan Wacoal Paragon Semarang.

5. Konsultasi ke Dokter

Selain banyak mencari informasi seputar kanker payudara melalui sosial media dan blog, maka kalian bisa juga mendapatkan informasi lengkap seputar kanker payudara secara detail dan lengkap dengan konsultasi ke dokter atau puskesmas terdekat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Breast Cancer Blogger Perempuan Movement, in Collaboartion with Wacoal

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates