Senin, 28 Oktober 2019

Melek Digital
Pic by Farida Asadi
Hari ini, tanggal 28 Oktober 2019. Hari ini merupakan Hari Sumpah Pemuda. Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita kobarkan semangat generasi muda Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta tetap berkarya demi kemajuan generasi muda Indonesia.

Sebagai generasi muda yang hidup di zaman yang serba modern ini maka saya harus melek digital agar tidak ketinggalan zaman. Langkah awal yang saya lakukan dalam rangka melek digital adalah mendaftar di sekolah menegah kejuruan negeri jurusan multimedia di Kota Kendal pada tahun 2011.

Namun saya tidak diterima di sekolah menengah kejuruan negeri tersebut hingga akhirnya saya mendaftar di sekolah menengah kejuruan swasta jurusan rekayasa perangkat lunak. 

Selama tiga tahun menjadi siswa sekolah menengah kejuruan swasta jurusan rekayasa perangkat lunak, maka saya mendapatkan banyak ilmu seputar perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) pada komputer.

Setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan di tahun 2014, saya ingin sekali bekerja dengan perusahaan yang sesuai dengan kemampuan saya seputar software dan hardware komputer.

Tapi sampai saat ini saya belum menemukan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan saya di bidang software dan hardware komputer.

Agar diterima bekerja menjadi tenaga kerja di bidang software dan hardware komputer maka saya harus menambah dan mengasah kemampuan saya seputar teknologi informasi komunikasi di bidang software dan hardware komputer. Selain itu juga sebagai upaya untuk melek digital agar tidak ketinggalan zaman.

Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang saya lakukan sebagai wujud generasi muda untuk melek digital di era milenial agar masa depan lebih baik dan tentunya agar bisa tetap berkarya dan mengasah kreativitas yaitu,

1. Mencari Info Seputar Dunia Informasi dan Teknologi

Selalu haus akan ilmu baru seputar dunia informasi dan komunikasi sehingga hal tersebut akan membuat kita selalu mencari informasi terbaru seputar teknologi informasi seperti menghadiri pameran tentang dunia teknologi informasi dan komunikasi.

2. Mengasah Kemampuan Diri Dalam Bidang Teknologi dan Informasi

Sebagai seseorang yang suka mengikuti lomba maka saya pun banyak mengikuti lomba selama satu bulan ini. Lomba yang saya ikuti tersebut adalah lomba foto dan lomba menulis.

Lomba tersebut diadakan secara online melalui media sosial sehingga membuat saya mengasah kemampuan diri dalam bidang foto dan menulis. Hal tersebut membuat saya bersikap bijak dalam menggunakan media sosial dengan memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

3. Terus Belajar Tentang Ilmu Bidang Teknologi dan Informasi

Tetap terus belajar walaupun banyak rintangan yang harus dihadapi. Di era milenial ini, para generasi muda banyak memiliki karya yang membanggakan dalam bidang teknologi dan informasi. Hal tersebut membuat generasi muda untuk tidak menyombongkan diri dan tetap semangat belajar.

Saat ini belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa mengikuti tutorial video di Youtube dan bisa juga mengikuti workshop, training, dan juga kursus. Membicarakan kursus dan training membuat saya teringat dengan NF Computer. Lalu apa itu NF Computer?

NF Computer IT Learning Solutions merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan teknologi informasi yang dirintis sejak tahun 1994. Ada beberapa program kursus dan training di NF Computer IT Learning Solutions yaitu programming, linux dan networking, database, office application, graphic design, techinal design, dan multimedia.

NF Computer IT Learning Solutions juga telah menerima beberapa penghargaan seperti juara tiga pengelola LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) tingkat nasional pada tahun 2015.

Tujuan dari didirikannya NF Computer IT Learning Solutions adalah mengembangkan kemampuan sumber daya manusia di bidang teknologi yaitu ilmu komputer dan menjadi lembaga yang membantu mencerdaskan masyarakat Indonesia di bidang teknologi.

NF Computer IT Learning Solutions memiliki lima kategori kelas dalam setiap trainingnya yaitu public class, exclusive class, in house atau in company training, paket khusus (kerjasama pendidikan sekolah dan kerjasama dengan pihak lainnya).

2 Program Kursus yang Paling Menarik dari NF Computer IT Learning Solutions

Dua program menarik tersebut yaitu kursus desain grafis dan kursus networking. Kenapa dua program kursus tersebut menarik? Karena saya ingin mengasah kemampuan di bidang desain grafis dan jaringan komputer. Saya ingin bisa membuat infografis yang menarik jika saya mengikuti kursus di NF Computer IT Learning Solutions.

Kursus desain grafis di NF Computer IT Learning Solutions maka akan belajar cara image and photo editing with GIMP dan Photoshop, desktop publisihing with Scribus dan InDesign, vector graphic editing with Inkspace dan Corel Draw.

Sudah ada banyak orang dari berbagai instansi yang merasakan manfaat dan keuntungan setelah mengikuti kursus desain grafis dan networking di NF Computer IT Learning Solutions. Seperti Bapak KH. Muhammad Ali dari TNI Angkatan Laut yang merasa bahagia setelah mengikuti kursus networking NF Computer IT Learning Solutions.
"Kesan saya selama mengikuti pelatihan jaringan (networking) baik dari mulai sarana dan prasarana. Tenaga pengajar dari NF Computer itu user friendly artinya komunikasi antara siswa dan pengajar maupun sebaliknya. Proses penjelasannya juga cukup jelas. Jadi kami dijelaskan mulai dari basic perlahan sampai ke tingkat advance. Terima kasih banyak NF Computer". - Bapak KH.Muhammad Ali dari TNI Angkatan Laut.
Untuk informasi lengkap seputar NF Computer IT Learning Solutions, maka kalian bisa berkunjung ke website dan mengikuti sosial media NF Computer IT Learning Solutions agar bisa update informasi terbaru dari NF Computer IT Learning Solutions yaitu,

Website : https://nurulfikri.com

Facebook : https://www.facebook.com/nfcomputer

Instagram : https://www.instagram.com/nf.computer

Twitter : https://www.twitter.com/nurufikricom

Email : info@nurulfikri.co.id

Nomor Telepon : 0217874223

Alamat Lengkap : PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer), Kampus NF, Jalan Lenteng Agung Raya No. 20 – 21, Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640.

Itulah beberapa hal sederhana yang saya lakukan sebagai upaya melek digital di era milenial. Ayo generasi muda mari tetap berkarya demi kemajuan bangsa dan tetap melek digital agar tidak ketinggalan zaman!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog NF Computer

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates