Kamis, 07 November 2019

Investasi
Pic from www.pixabay.com
Generasi muda saat ini seringkali melakukan aktivitas traveling untuk melepas penat. Selain itu, generasi muda saat ini juga makin kreatif dengan didukung kecanggihan teknologi yang semakin hari semakin canggih, maju, dan berkembang.

Generasi muda saat ini seringkali menghabiskan uang yang dimiliki untuk melakukan berbagai pengalaman yang menakjubkan seperti traveling keliling dunia.

Namun sayangnya jika gaya hidup mewah dan memiliki penghasilan yang sedikit ternyata bisa membuat keadaan menjadi mengkhawatirkan dalam artian besar pasak daripada tiang (besar pengeluaran, sedikit pendapatan).

Agar keadaan tersebut tidak mengkhawatirkan maka sebagai generasi muda kita harus menerapkan hidup hemat dengan mengurangi kegiatan yang menghamburkan uang. Karena jika generasi muda terus menghamburkan uang, lalu hal buruk akan terjadi di masa tua nanti.

Menyisihkan sedikit uang untuk menabung juga merupakan persiapan yang bermanfaat untuk hari tua. Dan saat ini, ada pula generasi muda yang mulai berinvestasi. Lalu apa itu investasi? Apakah investasi itu menurut pendapat kalian?

Menurut Wikipedia Indonesia, Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi.

Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapat keuntungan pada masa depan. Terkadang investasi juga dianggap sebagai penanaman modal. 

Lalu hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berinvestasi? Ada tiga hal yang bisa dilakukan generasi muda sebelum mulai berinvestasi. Dan berikut ini adalah tiga hal yang bisa dilakukan generasi sebelum mulai berinvestasi yaitu,

1. Banyak Membaca Buku dan Artikel Tentang Investasi

Membaca itu membuka jendela. Membaca membuat kita tahu tentang ilmu baru dan membuat wawasan pengetahuan kita lebih luas.

Sebelum mulai berinvestasi maka sebaiknya baca dulu buku dan artikel tentang investasi yang akan membantu para generasi muda untuk lebih memahami pengertian, tujuan, dan keuntungan berinvestasi.

2. Mengikuti Acara dengan Tema Investasi

Sebagai generasi muda, maka alangkah baiknya jika mengisi waktu luang dengan hadir di suatu acara yang bermanfaat. Sebelum generasi muda mulai berinvestasi maka sebaiknya generasi muda bisa menghadiri dan mengikuti suatu acara dengan tema asuransi.

Hal tersebut bertujuan agar generasi muda lebih paham seputar investasi sebelum terjun di dunia investasi. Dan beruntunglah saya karena kala itu bisa menghadiri dan mengikuti acara dengan tema investasi yang diselenggarakan di Hotel Citra Dream Semarang pada akhir tahun 2018.

Tema pada acara tersebut adalah bijak berbudaya dan bijak berinvestasi. Melalui acara tersebut maka saya pun mendapat informasi dan pengetahuan seputar investasi dan cara mengatur serta mengelola keuangan dalam kegiatan sehari-hari.

Pada acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan mulai kalangan orang muda hingga kalangan orang tua. Yang menarik dari acara tersebut adalah para peserta diperkenalkan dengan investasi dan juga peserta diajak untuk tetap melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia yaitu batik. 

Saat acara itu pula diselenggarakan fashion show batik. Karena saya memang suka memakai batik jadi saya sangat senang bisa melihat langsung pagelaran fashion show batik yang menurut saya merupakan acara yang menarik.

Karena acara itu pula maka akhirnya saya sadar untuk bisa berhemat, menabung, dan mempersiapkan masa depan agar lebih baik. Dan tentunya saya merasa bahagia karena bisa menghadiri acara dengan tema investasi. Dan pengalaman tersebut merupakan pengalaman pertama saya mengikuti acara dengan tema investasi.

3. Memilih Investasi yang Tepat dan Sesuai

Sebelum berinvestasi maka wajib menentukan dan memilih jenis investasi yang tepat dan sesuai. Maka dari itu teliti dan hati-hati saat memilih investasi. Sebaiknya banyak bertanya dan banyak konsultasi kepada teman, saudara, dan juga tetangga yang sudah memilih investasi yang tepat dan sesuai!

Membahas seputar investasi maka saya menjadi teringat dengan Ajaib. Lalu apa itu Ajaib? Ajaib adalah aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Ajaib memudahkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan pribadi masing-masing tentang hal keuangan. Untuk info lebih lanjut tentang Ajaib, maka bisa berkunjung ke website milik Ajaib yaitu www.ajaib.co.id

Tuliskan ini diikutsertakan dalam lomba blog dengan tema muda berinvestasi yang diselenggarakan oleh Ajaib

1 komentar:

iya berinvestasi butuh kehati2an dan perhitungan yang cermat. Kudu banyak tau seluk beluknya

REPLY

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates