Selasa, 05 November 2019

Prelo
Pic from www.pexels.com
Terkadang saya merasa sedih apabila saya sudah membeli suatu barang namun saya tidak menyukai barang tersebut dan akhirnya barang tersebut menjadi barang yang tak berguna dan membuat saya kecewa karena uang saya habis saat saya sudah membeli barang tersebut.

Contohnya begini, waktu itu ada model jilbab terbaru yang belum saya punya. Karena saya belum mempunyai jilbab tersebut akhirnya saya memutuskan untuk membeli jilbab tersebut.

Tapi apa daya setelah saya membeli jilbab terbaru tersebut ternyata jilbab tersebut tidak cocok untuk saya dan disitulah saya merasa sedih karena pada akhirnya jilbab tersebut tidak pernah saya pakai sama sekali.

Sebenarnya tidak hanya itu saja. Beberapa kali saya pun membeli beberapa barang seperti tas, make up, dan novel karena saya hanya tergiur dengan diskon yang membuat saya lapar mata.

Yang tadinya ingin irit karena berbelanja sedang ada diskon namun malah kecewa karena barang yang dibeli ternyata tidak membuat saya bahagia dan hanya membuat saya sedih karena uangnya sudah habis.

Selain itu, pernah pula saya membeli barang yang masih awet sampai sekarang ini namun ternyata membuat kamar saya sesak seperti beberapa koleksi bross dan novel. Kadang kala ibu saya mengatakan kalau sebaiknya buku-buku yang saya punya sebaiknya dijual kepada pengumpul barang bekas di kampung saya.

Tapi saya masih tidak mau kalau buku-buku itu  dijual kepada pengumpul barang bekas karena nantinya buku-buku itu hanya akan menjadi kertas pembungkus makanan saja apabila saya jual kepada pengumpul barang bekas tersebut.

Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman saya seputar bagaimana saja cara saya memanfaatkan barang bekas yang saya punyai dan inilah tips-tips tersebut yaitu,

1. Mendaur Ulang Barang Bekas Berkualitas

Pasti kalian mempunyai barang bekas berkualitas yang masih bisa dimanfaatkan dengan cara mendaur ulang. Saya pun beberapa kali mendaur ulang beberapa barang bekas berkualitas yang saya miliki. Lalu, barang bekas berkualitas apa yang pernah saya daur ulang?

Contohnya seperti ini, saya mempunyai baju bekas yang ternyata kainnya masih bagus dan baju tersebut ternyata sudah tidak muat lagi di badan saya. Maka munculah ide untuk membuat bross bentuk pita dari baju bekas tersebut dengan cara dipotong-potong dan menambahkan pita serta peniti.

2. Menyumbangkan Barang Bekas Berkualitas Kepada Mereka yang Membutuhkan

Saat saya masih kelas 10 SMK pada tahun 2011, saya merasa senang karena saya mendapatkan seragam OSIS dari kakak alumni karena saya tidak mampu membeli seragam OSIS di kala itu dan karena saya tidak ingin membebani ibu saya untuk membeli seragam baru untuk saya. Dan akhirnya saya menabung agar bisa membeli seragam baru saat saya kelas 11 SMK.

Saat saya sudah lulus SMK di tahun 2014, ternyata ada tetangga saya yang membutuhkan seragam OSIS dan akhirnya saya menyumbangkan seragam OSIS SMK yang saya miliki kepada tetangga saya yang membutuhkan.

Saat menjelang ujian nasional, adapula tetangga yang membutuhkan beberapa buku tentang ujian nasional maka akhirnya saya menyumbangkan buku-buku tentang ujian nasional yang saya punya untuk tetangga saya yang membutuhkan buku tersebut.

Ternyata kalau mau melakukan kebaikan tidak hanya bisa menggunakan barang baru saja. Nyatanya saya tetap bisa membantu mereka yang membutuhkan dengan menyumbangkan barang-barang bekas berkualitas yang saya miliki.

3. Menjual Barang Bekas Berkualitas Melalui Aplikasi Prelo
Memanfaatkan barang bekas berkualitas ternyata bisa menghasilkan uang yang jumlahnya lumayan dengan cara menjual barang bekas berkualitas tersebut melalui aplikasi Prelo atau www.prelo.co.id

Perkenalan saya dengan aplikasi Prelo dimulai sekitar akhir tahun 2017. Melalui aplikasi Prelo ini kalian bisa menjual barang bekas berkualitas yang kalian miliki dengan cara yang mudah dan cepat.

Kalian bisa menjual buku-buku bekas, baju, sepatu, bahkan sampai barang elektronik yang masih dalam kondisi baik. Aplikasi Prelo ini bisa menjadi solusi kalian saat ingin menambah uang tambahan dengan menjual barang bekas yang kalian miliki melalui aplikasi Prelo.

Itulah 3 hal yang saya lakukan dalam memanfaatkan barang berkualitas yang saya miliki. Bagaimana dengan kalian sobat? Apa saja yang sudah kalian lakukan dalam memanfaatkan barang bekas berkualitas yang kalian miliki?

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates