Kamis, 28 November 2019

Literasi Digital
Pic by Farida Asadi
Semakin hari maka semakin canggih pula teknologi yang semakin canggih saat ini. Kecanggihan teknologi memang membawa dampak yang baik bagi semua orang. Akan tetapi, kecanggihan teknologi juga memiliki dampak buruk walapun jumlahnya hanya sedikit seperti anak-anak yang kecanduan bermain game di smartphone.

Semakin ke sini maka saya pun semakin sadar untuk lebih berhati-hati sebelum melakukan sesuatu. Sebagai generasi muda maka alangkah baiknya saya memanfaatkan teknologi yang ada dengan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Akhir-akhir ini saya sering melihat postingan di sosial media yang membahas seputar literasi digital. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu literasi digital? Menurut informasi yang saya dapatkan dari Wikipedia Indonesia, literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal. Literasi digital cenderung pada hal-hal yang terkait dengan keterampilan teknis dan berfokus pada aspek kognitif dan sosial emosional dalam dunia dan lingkungan digital.

Sebagai generasi muda yang setiap hari menggunakan media digital untuk menunjang kegiatan sehari-hari, maka saya pun harus tahu dan melek tentang literasi digital. Literasi digital bagi generasi milenial itu memang penting karena generasi milenial saat ini menggunakan media digital dalam kegiatan sehari-hari.

Jika generasi milenial tahu dan paham tentang pentingnya literasi digital maka generasi milenial akan menggunakan media digital berupa sosial media atau yang lainnya ke dalam hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Manfaat literasi digital bagi generasi muda yaitu generasi muda bisa memilih dan memilah informasi yang benar, tidak menyebarkan berita bohong (hoax), menggunakan media sosial untuk berbagi informasi terkini, dan masih banyak pula manfaat yang lainnya. Dan dengan adanya literasi digital maka para generasi muda bisa berkarya di era digital ini.

Literasi digital juga berperan penting agar seluruh generasi muda bisa memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya seperti untuk media komunikasi, media untuk mencari informasi, media untuk kemudahan mendapatkan informasi terkini, media untuk kemudahan berbisnis, media untuk mendapatkan penghasilan, hingga media untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar.

Karena saat ini saya aktif di sosial media maka akhirnya saya bisa berkenalan dengan KUBBU BPJ. Lalu, apakah kalian sudah tahu apa itu KUBBU BPJ? Menurut pendapat saya, KUBBU BPJ adalah komunitas klub blogger dan buku backpacker Jakarta.

KUBBU BPJ ini merupakan komunitas yang memiliki tujuan memajukan dunia literasi Indonesia  melalui gerakan membaca dan menulis. KUBBU BPJ merupakan salah satu bagian dari komunitas backpacker Jakarta (BPJ). KUBBU BPJ juga memiliki tujuan untuk menampung aspirasi dan inspirasi semua anggota backpacker Jakarta yang gemar membaca dan menulis.
KUBBU BPJ
Pic by @kubbu_bpj
Saya sering mendapatkan informasi terkini yang tentunya bermanfaat bagi saya melalui akun Instagram KUBBU BPJ @kubbu_bpj dan kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita seputar informasi bermanfaat yang saya dapatkan dari Instagram @kubbu_bpj yaitu,

1. Mendapatkan Rekomendasi Buku yang Bagus untuk Dibaca

Instagram @kubbu_bpj sering berbagi informasi terkini seputar rekomendasi buku dari para anggota KUBBU BPJ. Karena saya suka membaca buku jadi saya pun suka buku-buku bagus yang direkomendasikan oleh para anggota KUBBU BPJ.

2. Mendapatkan Rekomendasi Tempat Wisata

KUBBU BPJ ini sering mengadakan kegiatan traveling bersama sehingga saya pun mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang bagus dan menarik. Harapan saya adalah suatu hari nanti saya ingin ikut traveling bersama para anggota KUBBU BPJ.

Selain itu KUBBU BPJ Juga sering mengadakan kegiatan pelatihan ngeblog. Saya pun ingin sekali bisa mengikuti pelatihan ngeblog bersama KUBBU BPJ sehingga pengetahuan saya tentang dunia ngeblog bisa bertambah banyak. Semoga suatu hari nanti saya bisa mengikuti pelatihan ngeblog bersama KUBBU BPJ.

3. Mendapatkan Hadiah

Instagram @kubbu_bpj lumayan sering mengadakan giveaway berhadiah. Saya pun pernah mengikuti giveaway tersebut. Dan saya merasa bahagia karena saya memenangkan giveaway tersebut dengan hanya menjawab trip based on book impian dan pelatihan ngeblog impian. Terima kasih banyak saya ucapkan untuk KUBBU BPJ yang kala itu sudah memilih saya sebagai pemenang giveaway.

Di tahun 2019 ini KUBBU BPJ menggelar acara dalam rangka merayakan ulang tahun KUBBU BPJ dengan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yaitu KARNAVAL 2019 KARYA TAHUNAN DAN FESTIVAL LITERASI dengan beberapa susunan acara mulai dari lomba blog, peluncuran perdana buku BPJ, lomba cipta puisi dan cerpen, lomba membaca puisi dan cerpen, kompetisi kupat tahu, hingga acara birthday party.

Saya mengucapkan selamat ulang tahun untuk KUBBU BPJ. Semoga KUBBU BPJ bisa menginspirasi semua orang untuk mencintai dunia menulis dan membaca. Dan semoga KUBBU BPJ bisa terus merekomendasikan buku-buku yang bagus untuk dibaca kepada semua orang.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog KUBBU BPJ

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates