Selasa, 12 November 2019

Cloud Above My Bed by Mala Shantii
Cover Novel Cloud Above My Bed Tampak Belakang. Pic from Elex Media.
Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin membaca novel yang berjudul Cloud Above My Bed karya Mbak Mala Shantii ini. Hingga akhirnya saya merasa bahagia karena telah membaca novel yang berjudul Cloud Above My Bed karya Mbak Mala Shantii ini.

A. Identitas Buku

Judul Buku : Cloud Above My Bed

Penulis : Mala Shantii

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Tahun 2019

ISBN : 978-602-04-9792-1

Harga : Rp.64.800.

Rating : **** (Menurut Pendapat Saya Pribadi)

B. Sinopsis

Rayya tak pernah memedulikan suaminya, Gandhi, selama dua tahun menikah ini. Buatnya, merevisi naskah novel lebih penting. Tugasnya hanya membuatkan secangkir kopi untuk Gandhi sebelum berangkat. Awalnya Gandhi tak keberatan, sampai ia berkenalan dengan seorang wanita.

Di situlah semuanya berawal.

Rayya meminta cerai. Gandhi akan meluluskannya jika Rayya berkelakukan baik sebagai istri. Selain pandai memasak, Rayya mulai ahli menghitung pengeluaran bulanan. Bagi Gandhi, kini Rayya mendekati sempurna. 

Akankah Rayya bersikukuh untuk bercerai sampai akhir? Apakah Gandhi juga menginginkan perceraian?

C. Kalimat Favorit

Tiap penulis itu cuma memindahkan semua imajinasi liar dari kepala mereka dalam bentuk tulisan. – Hal 2

Menjaga hubungan baik dengan banyak orang, tak peduli apa pun latar belakangnya, penting sekali. Pasti akan selalu ada manfaatnya di kemudian hari. – Hal 96

Setiap pilihan memiliki konsekuensi. Termasuk pilihanku mengikatkan diri seumur hidup kepadanya. Bukannya aku tak tahu dia pria macam apa. Namun, bukankah memang keputusan dalam hidup tak mesti selalu mengikuti apa kata logika? Sejauh ini alasanku sederhana saja. Aku mencintai dan memercayai dia. Seutuhnya. Sepenuhnya. – Hal 123

Penulis kadang terlalu sibuk dengan bagaimana memainkan kata, Sekadar memampatkannya dalam kalimat yang lugas, namun mampu merefleksikan dengan sempurna apa yang ada dalam imajinasinya. Sekaligus, bagaimana agar dapat dicerna dengan mudah oleh pembaca. Tapi, editor memahami cerita secara global. Editor menelaah intisari, esensi, dan benang merah yang merangkum tiap babnya jadi satu kesatuan cerita. – Hal 186

D. Review Buku

Novel Cloud Above My Bed karya Mbak Mala Shantii ini menceritakan tentang Rayya yang menikah dengan Gandhi. Gandhi berprofesi sebagai pegawai kantor pemerintahan di daerah Jawa Timur dan Rayya adalah seorang penulis novel.

Dua tahun mereka menjalani pernikahan namun tak kunjung mendapatkan momongan padahal mereka tidak menunda untuk mempunyai anak. Apalagi Rayya yang terlalu sibuk dengan dunia menulis naskah novel sehingga tidak menghiraukan suaminya yaitu Gandhi.

Rayya itu tidak perhatian kepada suaminya dan suka seenaknya sendiri. Tapi Gandhi masih memaklumi hal tersebut. Karena Gandhi menyayangi Rayya seperti Gandhi menyayangi adiknya sendiri.

Rayya dan Gandhi menikah bukan berlandaskan cinta. Mereka menikah karena hanya Rayya yang menjadi wanita yang direstui ibunya Gandhi untuk menjadi istri Gandhi. Walaupun Gandhi memiliki banyak pacar sebelum menikah, tapi tetap saja Gandhi dan Rayya menikah karena mereka sudah terlanjur sering bersama sejak masih kecil sehingga mereka saling menyayangi.

Kabar buruk datang saat Gandhi ternyata memiliki wanita lain. Rayya merasa marah dan kecewa akan hal tersebut hingga akhirnya Rayya ingin bercerai dengan Gandhi. Padahal baru saja Rayya berubah menjadi istri yang baik dengan bisa memasak dan mengurus segala keperluan suaminya yaitu Gandhi. Tapi apa daya ternyata Gandhi mengkhianati Rayya.

Lalu akankah Gandhi dan Rayya benar-benar bercerai? Apakah Rayya sanggup untuk menjalani hari-harinya tanpa Gandhi? Dan apakah Gandhi sanggup untuk menjalani hari-harinya tanpa Rayya? Agar kalian tidak penasaran dengan cerita Rayya dan Gandhi maka kalian bisa membaca novel yang berjudul Cloud Above My Bed karya Mbak Mala Shantii ini!

Tema dari novel Cloud Above My Bed ini adalah perselingkuhan. Saya suka dengan tokoh Rayya yang berprofesi sebagai seorang penulis novel. Saya pun juga suka dengan tokoh Rayya yang berusaha menjadi istri yang baik dengan belajar memasak dan mengurus segala kebutuhan suaminya yaitu Gandhi.

Novel Cloud Above My Bed karya Mbak Mala Shantii ini memiliki latar tempat di daerah Jawa Timur. Di dalam novel Cloud Above My Bed sedikit membahas oleh-oleh khas Kota Malang yaitu Strudel Malang. Setelah membaca novel Cloud Above My Bed ini maka saya pun ingin makan Strudel Malang lagi.

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates