Kamis, 16 Januari 2020

3 Tips Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Buah
Pic from www.pexels.com
Ketika jaman saya masih sekolah dan saat itu saya masih gemuk maka rasanya kesel saat melihat angka di timbangan. Pasti di dalam hati kecil mengatakan kalau angka di timbangan itu tidak nyata. Malu ah, tiap hari berat badan nambah mulu.

Saya kan memiliki tinggi badan cuma 150 cm saja, kalau tiap hari berat badan terus menambah apa kata dunia? Mungkin dunia akan menertawakan saya karena bukan tumbuh ke atas tapi malah tumbuh ke samping.

Menjelang kelulusan SMK kala itu, berita buruk saya dapatkan dari salah satu teman yaitu jika ingin bekerja di pabrik piano di kota Semarang harus memiliki berat badan yang ideal. Hadeh, sempet pengen nangis saat mendengar berita itu.

Apalagi saingannya banyak sekali untuk bisa menjadi kuli pabrik di pabrik piano tersebut karena memang pabrik piano di kota Semarang tersebut menjadi salah satu pabrik dengan pelamar kerja tertinggi di Jawa Tengah.

Mulai saat itu saya selalu berusaha menurunkan berat badan dan akhirnya usaha saya tidak sia-sia karena saya diterima menjadi kuli pabrik di pabrik piano tersebut. Dan selama menjadi kuli pabrik di pabrik tersebut saya tidak pernah mengalami masalah berat badan lagi karena menjadi kuli pabrik membutuhkan tenaga esktra sehingga tak jarang menjadi kuli pabrik juga sebagai olahraga yang menghasilkan duit karena harus mengangkat kayu-kayu berukuran besar untuk  digunakan sebagai salah satu part piano.

Kabar buruk datang kembali ketika saya putus kontrak dengan pabrik piano tersebut dan saya melamar kerja ke pabrik-pabrik yang lainnya. Namun ketika saya bekerja di pabrik lain saya merasa kurang cocok dan akhirnya saya keluar.

Ketika saya bingung ingin bekerja di pabrik mana lagi, akhirnya saya memutuskan untuk di rumah saja sambil membantu kakak di kebun sekaligus menjadi pengasuh anak untuk keponakan saya. Karena jarang keluar rumah dan jarang berolahraga serta terlalu banyak makan dan ngemil akhirnya berat badan saya bertambah lagi. Duh, bandel amat sih nih berat badan. Kenapa harus nambah mulu? Kan saya jadi sebal maksimal.

Biar makin hari berat badan saya tidak terus bertambah akhirnya saya memutuskan untuk diet tapi dengan cara yang sederhana dan tentu saja tidak rumit. Lalu tips dan trik diet tanpa bikin rumit itu bagaimana saja ya? Berikut penjabarannya,

1. Selalu Berfikir Positif

Jadi orang tuh jangan negatif thinking melulu. Belum apa-apa udah bilang nggak bisa. Huh, sebel kadang kalo lihat orang kayak gitu. Intinya jangan negatif thinking melulu. Kalau sobat percaya pada diri sobat kalau sobat bisa menurunkan berat badan sesuai target maka percayalah nantinya dengan perlahan sobat bisa menurunkan berat badan.

2. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Sobat pernah nggak sih seharian itu cuma makan makanan yang mengandung karbohidrat saja. Misalnya pagi hari makan roti, siang hari makan nasi dan malam hari makan mie. Itu kan mengandung karbohidrat semua dan itulah yang bisa membuat kita makin gemuk dan bisa terkena obesitas. Duh, ngeri amat yak.

Maka dari itu setiap hari kita harus mengatur menu makan kita misalnya menu piring gizi seimbang yang terdiri dari makanan yang mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35% sayur, dan 35% sumber karbohidrat. Selain mengurangi konsumsi karbohidrat, mengurangi konsumsi makanan juga bukan berarti sobat tidak makan sama sekali ya.

Ingat, sobat ingin menurunkan berat badan dan bukan ingin menambah penyakit. Jika seharian tidak makan sama sekali karena ingin diet maka itu salah, diet yang benar ya mengurangi konsumsi makanan jangan sampai tidak makan sama sekali hingga akhirnya bisa menimbulkan penyakit maag. Pengen diet kok malah kena terkena penyakit? Pengen untung kok malah buntung?  Duh sedih ya.

3. Berolahraga

Olahraga itu bukan hanya sekedar bisa membakar lemak namun bisa juga membuat orang terlihat lebih muda karena yang saya lihat banyak para artis yang rajin berolahraga sehingga terlihat lebih awet muda dan tentunya lebih sehat. Terkadang untuk bisa berolahraga itu rasa malas untuk bergerak selalu melanda.

Namun, demi menurunkan berat badan alangkah baiknya melakukan olahraga selama 30 menit per hari. Karena saya lebih suka olahraga bersepeda daripada berlari maka saya saya akan bersepeda selama setengah jam berkeliling kampung.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Lalu, bagaimana cara kalian untuk menurunkan berat badan? Semoga kita semua selalu diberi kesehatan agar bisa selalu melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

1 komentar:

  1. Keliatannya sederhana mba. Prakteknya butuh konsostensi hehehe


    *sambil nepuk2 perut ndut

    BalasHapus