Selasa, 04 Februari 2020

3 Tips Mudah Mengenalkan Kecanggihan Teknologi Pada Anak Sejak Usia Dini

Teknologi untuk Anak-Anak
Pic by Farida Asadi
Anak-anak jaman sekarang memang anak-anak yang hebat karena sudah mengenal kecanggihan teknologi sejak masih kecil. Berbeda sekali jaman saat saya masih kecil. Tapi, kecanggihan teknologi tidak hanya membawa dampak positif saja. Kecanggihan teknologi juga bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak.

Dampak positif mengenalkan kecanggihan teknologi pada anak-anak sejak usia dini yaitu anak-anak bisa mendapatkan manfaat yang berguna dalam kegiatan belajar, anak-anak juga bisa mendapat informasi terkini seputar kecanggihan teknologi. Selain itu, anak-anak juga semakin kreatif karena sering menonton video tutorial membuat kerajinan tangan yang menarik melalui Youtube. Anak-anak pun bisa mendapatkan hiburan dengan kecanggihan teknologi seperti saat anak-anak menonton kartun yang mengedukasi anak-anak di Youtube.

Sedangkan dampak negatif kecanggihan teknologi pada anak yaitu anak menjadi kecanduan bermain game, kurangnya waktu untuk belajar, menjadi generasi yang kurang peduli dengan lingkungan sekitar, dan kurangnya waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Jadi, jika sudah menjadi orang tua maka harus tetap waspada dan hati-hati dengan dampak positif dan dampak negatif dari kecanggihan teknologi.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengenalkan teknologi kepada anak-anak agar anak bisa menjadi generasi yang melek teknologi? Kali ini saya ingin sedikit berbagi tips seputar mengenalkan teknologi pada anak sejak usia dini. Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang saya lakukan untuk mengenalkan teknologi pada anak-anak sejak usia dini yaitu,

1. Dampingi

Saat ini saya mempunyai keponakan laki-laki yang berusia 8 tahun. Hal pertama yang akan saya lakukan yaitu saya akan mendampingi keponakan saya saat dia sedang asik bermain dengan smartphone ataupun sedang asik bermain game di komputer. Hal ini bertujuan agar keponakan saya tidak kebablasan saat bermain smartphone dan komputer sehingga lupa waktu untuk belajar membaca dan menulis.

Mendampingi si kecil saat si kecil bermain smartphone adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh para orang tua agar anak bisa menggunakan kecanggihan teknologi dengan sebaik-baiknya. Hal ini bisa menjadikan orang tua lebih perhatian kepada anak-anaknya.

2. Awasi

Setelah mendampingi anak-anak dalam bermain dan mengoperasikan smartphone, maka selanjutnya adalah orang tua juga harus mengawasi anak-anak saat mengoperasikan smartphone. Hal ini bertujuan agar orang tua tetap waspada dengan aktivitas anak-anak saat mengoperasikan smartphone.

Keponakan saya itu tipe anak yang suka bermain smartphone. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi keponakan saya yaitu waktu bermain keponakan saya bersama teman-temannya akan berkurang dan keponakan saya akan ketergantungan dengan smartphone. Selain itu, terlalu lama memandang dan menatap layar smartphone juga membawa dampak buruk bagi kesehatan mata.

3. Lindungi

Setelah mendampingi dan mengawasi maka langkah selanjutnya adalah melindungi anak-anak dari dampak buruk kecanggihan teknologi. Sinar pada smartphone akan membuat mata anak-anak kita cepat lelah maka dari kita harus memperhatikan waktu dan durasi saat mengoperasikan smartphone pada anak-anak. Selain itu, anak-anak juga bisa dilindungi dengan makanan yang sehat dan bergizi agar tidak gampang sakit. Anak-anak dilatih untuk sering mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan gizi untuk kesehatan mata dan banyak mengandung vitamin A yaitu daun kelor dan wortel.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan dalam rangka mengenalkan kecanggihan teknologi pada anak-anak sejak usia dini. Semoga anak-anak bisa menggunakan kecanggihan teknologi dengan sebaik-baiknya. Lalu, bagaimana cara kalian dalam mengenalkan kecanggihan teknologi pada anak-anak sejak usia dini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar