Sabtu, 08 Februari 2020

Resep Agar-Agar Pepaya

Agar-Agar Pepaya
Pic by Farida Asadi
Berawal dari kakak sepupu saya yang sedang ngidam dan suka ngemil makanan di setiap waktu. Maka saya pun akhirnya ikut suka ngemil makanan juga. Jika saya dan kakak sepupu saya berkumpul maka kita seringkali membahas seputar makanan.

Mulai dari situlah saya ingin membuat makanan yang sederhana saja tapi memiliki banyak manfaat. Dan kemarin pula ada buah pepaya matang yang ada di pohon pepaya di belakang rumah saya. Mulai dari situ maka saya mempunyai ide untuk membuat agar-agar pepaya. Untuk membuat agar-agar pepaya maka harus mempersiapkan beberapa bahan-bahannya. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat agar-agar pepaya yaitu,

1 Buah Pepaya yang Sudah Matang

1 Bungkus Agar-Agar Warna Hijau

Gula Pasir 4 Sendok Makan

Air Secukupnya

Proses Membuat

Kupas kulit buah pepaya dulu sampai kulitnya bersih. Kemudian belah pepaya yang sudah dikupas kulitnya menjadi dua bagian. Setelah itu cucilah buah pepaya yang sudah dibelah dengan air sampai bersih.

Selanjutnya adalah ambil daging buah pepaya dengan menggunakan sendok bundar yang biasanya digunakan untuk membuat sup buah. Sisihkan daging buah pepaya yang sudah disendok tersebut.

Kemudian kita bisa memasak agar-agar. Pertama yaitu rebus air dan gula sampai mendidih. Setelah mendidih maka selanjutnya adalah masukkan agar-agar dan aduk sampai merata. Terus aduk agar-agar tersebut sampai agar-agar mendidih. Jika sudah mendidih maka hal tersebut adalah pertanda agar-agar sudah matang.

Setelah itu tuangkan agar-agar ke dalam buah pepaya yang tadi daging buahnya sudah diambil. Kita harus berhati-hati saat menuangkan agar-agar tersebut karena agar-agar tersebut masih panas dan bisa melukai tangan kita. Setelah dituangkan maka tunggulah sampai agar-agar dingin dan teksturnya agak sedikit keras.

Setelah agar-agar pepaya tersebut sudah dingin maka langkah selanjutnya adalah memotong buah pepaya yang sudah berisi agar-agar tersebut. Setelah itu sajikan agar-agar pepaya di atas piring. Maka agar-agar pepaya ini siap dinikmati. Mudah sekali kan membuat agar-agar pepaya?

Setelah membuat agar-agar pepaya ini saya merasa bahagia karena saya bisa belajar membuat makanan yang sederhana dan tentu saja sehat. Saya pun juga suka dengan agar-agar pepaya karena mudah sekali untuk membuatnya. Keluarga saya pun menyukai agar-agar pepaya ini. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari agar-agar pepaya yang wajib kalian ketahui yaitu,

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Sudah umum diketahui bahwa buah pepaya memang bagus untuk kesehatan pencernaan. Ibu saya pun juga sering mengkonsumsi buah pepaya agar bisa lancar saat buang air besar. Maka dari itu agar-agar pepaya ini juga bisa menjadi makanan yang membantu melancarkan pencernaan.

2. Ide Kreatif untuk Memulai Usaha di Bidang Makanan

Saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk membuka usaha. Agar-agar pepaya ini juga bisa menjadi ide kreatif bagi para pelaku usaha di bidang kuliner karena agar-agar pepaya ini bisa dijadikan camilan favorit bagi orang-orang untuk melancarkan pencernaan.

3. Bisa Dijadikan Bekal untuk Anak-Anak

Jika anak-anak bosan dengan bekal makanan nasi maka orang tua bisa membuat agar-agar pepaya untuk dijadikan bekal makanan ke sekolah. Agar-agar pepaya ini juga bisa menjadi camilan alternatif bagi anak-anak yang suka makan buah.

4. Bisa Dijadikan Camilan Saat Makan Siang

Berkumpul dengan keluarga saat siang hari maka cocok sekali jika ditemani camilan yang enak seperti agar-agar pepaya. Agar-agar pepaya ini bisa dijadikan camilan saat makan siang agar momen berkumpul bersama keluarga bisa semakin istimewa.

5. Bisa Dijadikan Sebagai Media Belajar

Karena saat ini saya masih suka belajar memasak dan membuat camilan maka agar-agar pepaya ini saya jadikan sebagai media belajar. Ya, betul sekali. Saya belajar membuat camilan agar-agar pepaya ini agar saya bisa terus mengasah kemampuan saya di bidang masak memasak dan kuliner.

1 komentar:

  1. Wah aku baru tau lho kalau agar2 bisa dibuat dari pepaya. Biasanya kan strawberry, jeruk, gitu2.

    BalasHapus