Sabtu, 29 Februari 2020

This is My Beauty Journey Part II

Siti Faridah
Pic by Farida Asadi
Saat tahun 2017, saat saya tidak mempunyai pekerjaan, maka saya tidak memakai skincare apa pun karena demi menghemat pengeluaran. Namun sayangnya hal tersebut ternyata membuat saya merasa sedih karena kulit saya kusam dan berminyak hingga saya malu untuk bertemu dengan orang lain.

Tahun 2018

Di tahun 2018, saya mencoba menjalani bisnis perawatan kulit atau bisnis skincare dengan modal awal Rp.15.000. sebagai pendaftaran. Sejak bulan Januari 2018 hingga Desember 2018 ada banyak sekali hal-hal tak terduga yang saya alami sejak saya memilih untuk mencoba bisnis seputar skincare.

Awalnya saya ragu karena saya tidak mempunyai bakat seputar dunia marketing dan dunia penjualan. Namun demi memperoleh penghasilan tambahan maka saya memberanikan diri untuk mencoba bisnis skincare ini. Saya menggunakan media sosial dan blog sebagai media promosi. Selain itu, saya berkunjung ke rumah tetangga dan teman untuk mempromosikan produk skincare tersebut.
Dan saya merasa bahagia ketika akhirnya usaha saya tidak sia-sia karena beberapa kali ada pembeli yang membeli beberapa skincare yang saya tawarkan tersebut. Namun sayangnya, untung yang saya dapatkan dari hasil penjualan skincare tersebut jumlahnya masih sangat sedikit. Hingga kemudian saya merasa sedih. Apalagi kalau sedang ada promo yang menggiurkan dari skincare tersebut maka seketika saya lapar mata dan membuat isi dompet saya terkuras habis. Inginnya mendapatkan untung malah saya mendapatkan buntung. Mulai saat mengalami kejadian tersebut maka saya memutuskan untuk berhenti menjalani bisnis skincare tersebut demi kesehatan isi dompet saya tepatnya akhir bulan Desember 2018.

Di akhir tahun 2018 itulah saya juga banyak mendapat gambar gembira karena saya banyak memiliki pengalaman yang tak pernah saya duga sebelumnya. Di awal bulan Januari 2018, saya berkesempatan berkunjung ke pabrik yang membuat produk-produk seputar kecantikan di kota Semarang. Melalui acara ini saya banyak mengenal produk skincare. Dan saya juga baru tahu kalau ternyata ph sabun itu berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, di akhir tahun 2018, saya juga berkesempatan menjadi reviewer produk skincare untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat. Saya mendapatkan skincare tersebut secara gratis dan saya harus mereviewnya di blog dan di Instagram. Produk skincare tersebut terbuat dari minyak daun teh yang bisa untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Skincare tersebut terdiri dari facial foam, toner, acne gel, dan loose powder. Dan saya merasa bahagia karena skincare ini cocok untuk saya untuk kulit berminyak. Harganya pun terjangkau dan ramah di kantong. Sayangnya di kota tempat saya tinggal (Kota Kendal) belum ada toko kosmetik yang menjual skincare tersebut. Maka dari itu, jika saya ingin membeli skincare yang terbuat dari minyak daun teh, maka saya harus membelinya di toko online ternama yang biasa saya gunakan untuk berbelanja online.

Selain memiliki masalah kulit kusam, kulit berminyak dan kulit berjerawat. Saya juga punya masalah kulit berkomedo. Baru-baru ini saya memakai nose pore strip agar komedo di kulit saya bisa terangkat dan hilang. Namun setelah saya memakai nose pore strip ini hasilnya kurang maksimal karena hanya sedikit komedo yang terangkat. Yang terangkat pun hanya komedo yang berwarna putih saja sedangkan komedo yang berwarna hitam tidak terangkat.

Sebenarnya saya merasa sedih ketika sudah menemukan produk skincare yang cocok tapi ternyata di lain waktu malah membuat saya kecewa dan di situlah saya merasa sedih. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk memakai bahan-bahan alami lagi untuk digunakan sebagai perawatan kulit wajah.

Selain itu, saya banyak membaca seputar skincare melalui blog para beauty blogger dan saya ingin mencoba perawatan skincare CTMP. Lalu apa itu CTMP? CTMP ini adalah Cleansing, Toning, Moisturizing, and Protecting. Ingin sekali saya rutin bisa memakai skincare yang bisa membuat kulit wajah bersih dan terlindungi dari sinar matahari dan tentunya harga skincare tersebut sesuai dengan isi kantong saya dan skincare tersebut bisa dibeli di toko offline dan toko online.

2 komentar:

  1. Kalau masih muda kulitnya mah enak say, lebih gampang merawatnya, palingan jerawat dikit-dikit.
    Kusam dikit, komedo dikit.

    Kalau udah mamak-mamak di atas 30 tahun, udah deh, macam-macam perawatannya, mendingan memang sejak dini rajin perawatan kulit wajah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih Mbak. Aku sebel banget sama komedo yang betah banget di kulit wajah aku. Jadi harus pandai dan rutin memakai skincare nih ya demi menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

      Hapus