Selasa, 03 Maret 2020

Cireng Bumbu Rujak Sebagai Camilan di Kala Musim Hujan

Cireng Bumbu Rujak
Pic by Farida Asadi
Adik sepupu memberitahukan kepada saya bahwa dia (adik sepupu) membeli Cireng. Setelah itu saya pun ingin membeli Cireng. Namun demi menghemat pengeluaran maka saya pun akhirnya berkeinginan untuk membuat Cireng di rumah dengan bahan-bahan yang bisa saya beli di Warung.

Keinginan tersebut saya wujudkan hingga akhirnya saya pun membuat sendiri Cireng di rumah dengan bahan-bahan yang sudah saya beli dari Warung. Lalu apa sajakah yang kalian tahu tentang Cireng?

Berdasarkan informasi yang saya ketahui maka Cireng adalah makanan yang dibuat dari tepung kanji (tepung tapioka) yang digoreng. Cireng ini merupakan camilan khas Jawa Barat yang digoreng yaitu Aci (tepung kanji) yang digoreng.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Cireng? Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cireng adalah tepung kanji (tepung tapioka), air, daun bawang, garam, merica, dan minyak goreng.

Saya merasa bahagia sekali karena akhirnya bisa membuat Cireng di rumah sehingga bisa menghemat pengeluaran uang jajan. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kalian ketahui tentang Cireng yaitu,

1. Membuat Cireng Sebagai Langkah untuk Belajar Memasak

Untuk kalian yang sedang suka belajar memasak maka bisa mencoba membuat Cireng. Dengan belajar membuat Cireng maka kalian bisa mengasah kemampuan kalian dalam belajar memasak.

2. Membuat Cireng untuk Melestarikan Makanan Lokal

Membuat Cireng juga bisa menjadi cara yang paling sederhana untuk melestarikan makanan lokal khas Jawa Barat ini. Hal tersebut bertujuan agar Cireng masih bisa dikenal dari saat ini sampai di masa depan nanti.

3. Membuat Cireng untuk Diposting di Media Sosial

Untuk kalian yang sering membuat postingan tentang makanan di media sosial maka kalian bisa membuat postingan tentang makanan Cireng agar seluruh dunia tahu tentang makanan yang disebut Cireng ini.

4. Membuat Cireng Sebagai Camilan di Kala Musim Hujan

Cireng yang disajikan dan dimakan dengan bumbu rujak bisa dijadikan camilan di kala musim hujan datang. Cireng yang disajikan dalam keadaan masih panas ataupun hangat maka akan sangat enak sekali jika dimakan saat musim hujan.

5. Membuat Cireng Sebagai Produk Makanan untuk Dijual

Cireng bisa dijadikan peluang bisnis bagi yang suka bisnis produk makanan. Cireng ini menjadi salah satu camilan favorit yang disukai para masyarakat karena rasanya enak dan harganya yang tidak terlalu mahal.

6. Cireng Sebagai Inspirasi Menulis di Blog

Untuk kalian yang suka menulis maka kalian pun bisa membuat postingan tentang Cireng misalnya saja resep Cireng bumbu rujak, resep Cireng bumbu kecap, ataupun resep Cireng anti gagal. Jadi, selamat menulis dan selamat berkreasi dengan Cireng!

7. Cireng Sebagai Hidangan Saat Ada Tamu yang Datang

Kalian sedang ada tamu di rumah? Nah, Cireng ini bisa dijadikan hidangan saat ada tamu yang datang ke rumah kalian. Tamu tersebut akan merasa bahagia karena kalian telah menghidangkan Cireng untuk tamu yang datang ke rumah kalian tersebut.

8. Cireng Sebagai Produk Makanan yang Bisa Dijadikan Momen Berbagi Kepada Sesama

Jika kalian sudah membuat Cireng dalam jumlah yang banyak maka kalian bisa memberikan Cireng tersebut kepada para tetangga yang rumahnya dekat dengan kalian. Hal tersebut bertujuan untuk mengajarkan kepada kita semua tentang pentingnya berbagi kepada sesama.

Itulah sedikit hal tentang Cireng? Lalu, apa nih yang kalian suka dari Cireng? Saya suka Cireng karena Cireng itu rasanya enak dan teksturnya kenyal. Akan lebih enak lagi jika Cireng dimakan dan disajikan dengan sambal rujak atau sambal kecap.

4 komentar:

  1. Kalau saya biasanya goreng cireng yang beli udah jadi gitu hahahah.
    Emang paling enak makan cireng goreng, apalagi pas musim hujan gini, ditambah sambal enak, nyaaamm...

    Etapi saya kok jadi pengen beli cireng karena baca ini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli cireng, Mbak. Bikin sendiri juga lebih murah. Betul banget ini kalau hujan-hujan gini enaknya makan cireng dan sambel.

      Hapus
  2. Garut hujan terus dan kata ponsel suhunya semalam 19 derajat Celcius. Pagi ini juga hujan dan sejuk. Jadi pengen makan cireng sayangnya sedang tidak punya tepung kanji. Barusan goreng keripik pisang dari kebun.
    Biasanya setiap ramadhan cireng laris dijual di pasar dalam bentuk mentah, saya suka beli untuk digoreng di rumah jika buka puasa. Makan yang ringan dulu.
    Biasanya jika saya bikin cireng dengan tambahan bawang putih gerus agar enak. Juga Royco ayam bawang soalnya mengandung seledri. Lebih bagus lagi jika sekalian bawang putihnya diulek dengan cabai rawit yang banyak agar mantap.
    Mau lebih praktis dalam bikin cireng isi, bisa pakai bumbu pecel kemasan.Biasanya Sinti.Jangan lupa dineri rajangan halus dun bawang atau daun jeruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah beli Cireng. Kapan-kapan pengen beli Cireng ah di Kota Kendal karena di daerahku tinggal yang jualan Cireng hanya di daerah Kota Kendal.

      Hapus