Sabtu, 04 April 2020

5 Cara Mudah Mempromosikan Produk Melalui Internet

Internet
Pic by Canva
Sejak kapan saya mulai mengenal internet? Dalam ingatan saya, saya mengenal internet itu saat saya masih sekolah dasar tapi saya lupa saat itu saya kelas berapa. Dan masih dalam ingatan saya, kala saya masih sekolah dasar saat itu maka komputer dan internet adalah sesuatu yang mewah dan istimewa.

Berbeda sekali dengan saat ini karena saat ini internet tidak menjadi sesuatu yang mewah dan istimewa lagi. Saat ini internet menjadi kebutuhan bagi setiap orang mulai dari anak-anak, remaja, kaum muda, ibu rumah tangga, hingga para lansia.

Setiap hari maka ada banyak orang yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dan saat ini pula melalui internet maka membuka peluang untuk melakukan promosi produk dengan cara yang mudah dan cepat. Lalu, apakah saya mempunyai pengalaman mempromosikan produk melalui internet? Tentu saja saya mempunyai pengalaman mempromosikan produk melalui internet. Berikut ini adalah 5 cara mudah mempromosikan produk melalui internet yaitu,

1. Mempromosikan Produk Melalui Email

Email (surat elektronik) biasanya digunakan untuk mengirim surat kepada orang lain. Kalau pengalaman saya sendiri maka saya menggunakan email untuk mengirim tugas kepada bapak dan ibu guru saya kala saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama dan sekolah menengah kejuruan.

Selain itu, email juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk agar produk semakin dikenal dan meningkatkan penjualan produk. Kirimlah email kepada teman atau kenalan kalian dan isi dari email tersebut adalah terkait produk yang kalian promosikan.

2. Mempromosikan Produk Melalui Blog

Apakah kalian mempunyai blog? Kalau begitu kita sama, saya juga mempunyai blog. Melalui blog maka kita bisa mempromosikan produk yang ingin kita jual. Kita bisa mereview produk tersebut di blog. Saya pernah mereview produk kecantikan yang saya jual dan akhirnya salah satu teman saya pun membeli produk kecantikan tersebut melalui saya.

3. Mempromosikan Produk Melalui WhatsApp

Setiap jam rasanya hampa jika tidak membuka aplikasi WhatsApp pada smartphone. Biasanya saya menggunakan WhatsApp untuk chatting dengan teman dan keluarga. Saya pun juga mempromosikan produk yang saya jual melalui status WhatsApp. Dan saya merasa bahagia sekali karena teman dan tetangga saya sering membeli produk yang saya promosikan melalui status WhatsApp tersebut.

Saya pun seringkali mendapat informasi terkini melalui status-status WhatsApp teman saya. Melalui WhatsApp maka saya bisa melalukan video call dan juga telepon. Tapi saya paling sering menggunakan WhatsApp untuk chatting dengan keluarga saya terutama adik-adik sepupu saya.

4. Mempromosikan Produk Melalui Facebook

Sejak kapan kalian mulai mengenal Facebook? Kalau saya sejak tahun 2011 kala saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Berawal dari situ maka saya sering membuat status di Facebook tentang kegiatan saya sehari-hari sekaligus curahan hati saya yang sering galau.

Namun pada akhirnya saya menyadari jika status Facebook saya isinya adalah tentang semua kegalauan saya di masa lalu. Maka dari itu, saya pun akhirnya menggunakan Facebook sebagai media untuk mempromosikan produk yang saya jual.

5. Mempromosikan Produk Melalui AVANA

Apakah kalian sudah mengenal AVANA? Kalau saya baru satu minggu mengenal AVANA. Teman blogger yang saya kagumi pun menggunakan AVANA untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan produk. Untuk kalian yang ingin lebih banyak dan lebih tahu tentang AVANA maka kalian bisa berkunjung ke https://avana.id agar kalian juga bisa mendapatkan informasi terkini tentang AVANA.

Itulah sedikit cerita dan pengalaman saya mempromosikan produk yang saya jual melalui internet. Lalu, apa saja cara kalian dalam mempromosikan produk melalui internet? Semoga sedikit tips dari saya bermanfaat ya!

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog AVANA

6 komentar:

  1. Aku biasanya mempromosikan produk di blog, instagram, dan whatsapp Kak.
    Kalau facebook udah nggak pernah lagi karena nggak telaten punya banyak aplikasi.
    Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun saat ini udah mulai jarang pakai Facebook. Pakai WhatsApp doang sih yang lumayan sering.

      Hapus
  2. Penasaran apa itu Avana.
    Aku coba berkunjung ke aplikasinya, kak.

    Terimakasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, kak. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

      Hapus
  3. Betul banget nih, kalau lewat internet banyak caranya, pakai Avana lebih mudah dan simple, saya udah coba, emang sebagus itu, cocok banget buat pebisnis UMKM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Betul banget. Promosi lewat internet juga lebih murah dan lebih cepat.

      Hapus