Belajar Ilmu Agama Islam Melalui Aplikasi Umma, Ini Infonya!

2 komentar



Aplikasi Umma


Halo, Teman Farida!

Hari ini tepatnya hari Jum'at tanggal 1 Mei 2020 adalah hari buruh internasional. Hari ini juga merupakan hari ke delapan bagi para umat muslim di seluruh dunia dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Bulan Ramadhan kali ini terasa begitu berbeda karena adanya Virus Corona. Bulan Ramadhan kali ini terasa sepi karena para umat muslim khususnya di Indonesia dihimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah saja demi memutus rantai penyebaran Virus Corona.


Maka dari itu kita harus mengikuti himbauan dari pemerintah untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah saja. Selain itu, kita juga harus menerapkan jaga jarak dengan orang-orang di sekitar, selalu rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga kebersihan dan kesehatan terutama berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi, serta jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar kita semua terhindar dari Virus Corona.

Ramadhan kali ini membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena tidak adanya acara buka puasa bersama seperti tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya. Semuanya terasa sepi dan semoga wabah pandemi Virus Corona akan segera berakhir sehingga saya bersilaturrahmi dengan para tetangga, kerabat, dan sahabat saya.

Ramadhan tahun ini membuat saya berlatih untuk bisa mengatur waktu antara beribadah dan melakukan pekerjan rumah. Maka dari itu saya pun akhirnya banyak mencari informasi seputar Ramadhan melalui aplikasi Umma. Lalu, apakah kalian sudah apa itu aplikasi Umma?

Menurut pendapat saya, aplikasi Umma adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari informasi seputar sholat lima waktu, membaca Al-Qur'an, dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan agama Islam.

Aplikasi Umma bisa didownload di Google Play atau Apps Store dan cara penggunaan aplikasi Umma ini juga sangat mudah sekali karena kita bisa menggunakan akun Google atau akun Facebook untuk login ke aplikasi Umma. Aplikasi Umma juga memiliki tiga fitur unggulan dan berikut ini adalah tiga fitur unggulan aplikasi Umma yaitu,

1. Fitur Tanya Jawab

Fitur tanya jawab merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi Umma. Melalui fitur unggulan tanya jawab (fitur Q&A Question & Answer) ini kita bisa menanyakan hal-hal seputar sholat atau yang lainnnya.

Selain itu, kita bisa juga tanya jawab Ramadhan sehingga kita bisa menanyakan hal-hal yang erat kaitannya dengan bulan Ramadhan seperti niat berpuasa yang benar, hal-hal yang membatalkan puasa, amalan baik di bulan puasa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Fitur Pengingat Waktu Sholat

Melalui fitur pengingat waktu sholat di aplikasi Umma maka kita bisa mendapat pengingat untuk melaksanakan sholat lima waktu dengan tepat waktu. Untuk bisa menggunakan fitur pengingat waktu sholat maka kita harus mengaktifkan layanan lokasi pada smartphone kita karena jadwal pengingat waktu sholat disesuaikan dengan lokasi keberadaan kita. Saat kita menggunakan fitur pengingat waktu sholat dengan aplikasi Umma ini maka setiap kali akan tiba waktunya sholat lima waktu maka kita akan mendapatkan pengingat melalui smartphone kita dengan suara adzan yang berkumandang dari aplikasi Umma.

3. Fitur Membaca Al-Qur'an

Melalui aplikasi Umma ini maka kita bisa membaca Al-Qur'an beserta dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Karena saya sering menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari maka saat saya membuka aplikasi Umma di smartphone maka saya pun menjadi teringat untuk membaca Al-Qur'an terutama di bulan Ramadhan ini.

Itulah sedikit pengalaman saya bersama aplikasi Umma. Saya sangat terbantu sekali dengan aplikasi Umma karena bisa tanya jawab seputar sholat lima waktu dan bulan Ramadhan, bisa mendapat pengingat waktu sholat lima waktu, dan bisa membaca Al-Qur'an beserta terjemahannya melalui aplikasi Umma. Lalu, apakah kalian sudah menggunakan aplikasi Umma agar kalian bisa lebih semangat dalam beribadah? Jangan lupa untuk rajin membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan ini dan jangan lupa pula untuk selalu semangat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan!

2 komentar

  1. penasaran saya dengan aplikasi umma ini, banyak yang review dan jadi penasaran dengan menu-menunya yang lengkap.
    Pas banget untuk menemani kita di bulan ramadan ini, biar bisa lebih fokus beribadah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Aku paling suka dengan fitur pengingat waktu Solat di aplikasi Umma ini. Ayo install aplikasi Umma agar bisa tahu fitur-fitur unggulan aplikasi Umma!

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Siti Faridah dan meninggalkan komentar 🤩