Sabtu, 05 September 2020

Secangkir Blue Tea di Pagi Hari

Blue Tea
Pic by Siti Faridah
Apa kebiasaanmu saat pagi hari? Apakah minum secangkir teh atau minum secangkir kopi? Kalau saya hanya terbiasa minum air putih saja. Entah itu air putih hangat atau air putih yang tidak hangat.

Setiap kali pagi hari tiba maka kakak-kakak saya memiliki kebiasaan untuk minum secangkir teh atau secangkir kopi. Sedangkan ibu saya biasanya minum wedang gula merah. Kalau saya kadang-kadang saja suka minum secangkir wedang jahe di pagi hari. Membicarakan minuman di pagi hari maka berikut ini adalah beberapa minuman yang biasa diminum saat pagi hari yaitu,


1. Air Putih

Air putih hangat atau tidak hangat sering menjadi minuman favorit bagi sebagian orang termasuk saya. Saya suka minum air putih hangat karena bisa melegakan tenggorokan sehingga tenggorokan saya rasanya lega sekali.

2. Wedang Jahe

Saat musim hujan tiba maka wedang jahe hangat menjadi minuman favorit saat pagi hari. Wedang jahe bisa menghangatkan tubuh dan bisa juga melegakan tenggorokan. Saya pun lumayan sering minum wedang jahe saat musim penghujan di pagi hari.


3. Wedang Teh

Wedang teh menjadi minuman yang biasa diminum setiap pagi oleh sebagian orang termasuk kakak saya. Wedang teh juga bisa disajikan untuk tamu saat pagi hari jika ada tamu yang berkunjung ke rumah kalian.

4. Wedang Kopi

Bagi para pecinta kopi maka sering kali minum wedang kopi saat pagi hari. Menikmati kopi di pagi hari menjadi kebiasaan kakak saya yang pertama hingga saat ini kakak saya tersebut suka minum kopi.

5. Wedang Susu

Menikmati secangkir wedang susu di pagi hari adalah hal yang saya suka. Selain suka minum air putih hangat dan wedang jahe maka saya pun suka minum wedang susu di pagi hari. Keponakan saya juga suka minum wedang susu di pagi hari.


Itulah sedikit ulasan tentang minuman yang sering diminum saat pagi hari. Saya pun memiliki minuman favorit baru yaitu wedang teh kembang telang. Lalu, sudahkah kalian tahu apa itu teh kembang telang (teh bunga telang)?
Blue Tea
Pic by Siti Faridah
Teh bunga telang adalah teh yang terbuat dari bunga telang yang sudah dikeringkan. Bunga telang memiliki ciri khas yang unik dan menarik yaitu bunga yang berwarna biru. Hal tersebutlah yang membuat saya jatuh cinta dengan bunga telang karena warna biru tersebut.

Cara membuat teh bunga telang atau blue tea yaitu mudah sekali. Pertama, cuci terlebih dahulu 4 bunga telang kering. Setelah itu masukkan bunga telang yang sudah dicuci bersih ke dalam gelas. Setelah itu masukkan air panas ke gelas tersebut sebanyak 200 ml. Tambahkan gula atau madu atau gula batu. Aduk sampai merata. Tunggu sebentar sampai warna biru terlihat cantik dan menarik. Saring dan kemudian blue tea siap untuk diminum.
Blue Tea
Pic by Siti Faridah
Bunga telang ini menjadi pewarna alami bagi makanan atau minuman. Bagi yang suka membuat makanan dan minuman dengan warna alami maka bisa memakai bunga telang untuk mewarnai makanan dan minuman karena bunga telang adalah pewarna alami.

Mbak Nia Nurdiansyah blogger panutan saya merupakan blogger Semarang yang membuat minuman sehat dari bunga telang. Terima kasih banyak saya ucapkan untuk mbak Nia karena waktu itu sudah memberi saya satu botol minuman segar dari bunga telang. 

Minum blue tea sudah menjadi kebiasaan saya setiap pagi selama satu minggu ini. Ibu saya pun juga ternyata suka minum blue tea saat pagi hari. Lalu, sudah pernahkah kalian minum blue tea saat pagi hari?

2 komentar:

  1. Tadi rada bingung kok ada teh yang berwarna biru, ternyata bukan dibuat dari seduhan daun teh tapi dari seduhan bunga Telang.

    Saya taunya bunga telang itu buat membersihkan mata bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, kak. Aku suka bikin teh telang karena warnanya biru. Terus aku jadi ingin berkreasi membuat makanan atau minuman dengan warna biru alami dari bunga telang.

      Hapus