Halaman

Minggu, 28 Februari 2021

Dear Bumil, Hindari 6 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Janin dalam Kandunganmu!

Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Beberapa hari ini, di kampung saya banyak yang membahas seputar kehamilan. Dan ternyata banyak juga para bunda yang sedang hamil di kampung saya. Maka dari itu saya pun harus bersiap-siap untuk menjenguk bunda dan adik bayi yang baru lahir dengan membawa kado untuk bayi. Saya pernah menuliskan rekomendasi kado untuk bayi saat acara tilik bayi. Selengkapnya bisa klik link ini ya, bund!

Para bumil pasti gak sabar kan menunggu kehadiran sang buah hati yang ada di kandungan? Sebelum ia lahir, penting banget buat kamu menjaga kesehatan dan keselamatannya selama masih berada di kandungan. Kondisi kesehatan mental dan fisik sang ibu bakal menentukan kesehatan janin. Maka dari itu, buat para ibu hamil, cobalah untuk tidak merasa stres dan konsumsilah makanan serta minuman yang bernutrisi agar kesehatan janin kamu bisa terjaga dengan baik. Selain itu, hindari pula kebiasaan-kebiasaan buruk selama kehamilan untuk menjaga janin dalam kandungan, seperti kebiasaan berikut ini yaitu,

1. Melakukan Pekerjaan Berat dan Terlalu Keras
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Tetap aktif bergerak dan melakukan kegiatan selama hamil memang gak salah kok, bunda. Namun bukan berarti kamu perlu bekerja terlalu keras, ya. Kalau dipaksakan, ini malah dapat mengganggu kondisi kesehatanmu seperti merasa stres, kelelahan, dan dehidrasi. Untuk itu, kamu perlu menyeimbangkan diri dengan memberikan waktu istirahat yang cukup pada tubuh dan jangan terlalu memaksakan diri melakukan pekerjaan berat serta terlalu keras kalau memang tubuh dirasa sudah begitu lelah. 

2. Pakai Pakaian Ketat
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Kebiasaan menggunakan pakaian ketat saat hamil juga tidak disarankan. Sebab sistem peredaran darah pada tubuh bakal lebih terbebani saat hamil dengan adanya sejumlah perubahan. Jika kamu menggunakan pakaian ketat, hal ini malah bakal memperparah kondisi kamu. Selama masa kehamilan, akan terjadi pembesaran pembuluh darah sebagai persiapan buat meningkatkan volume darah yang berkembang buat janin. Pakai pakaian ketat bisa membuat sirkulasi darah terganggu dan bikin beberapa bagian tubuh jadi terasa kebas. 

3. Mengenakan Alas Kaki Berhak Tinggi
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Kebiasaan satu ini sering kali dilakukan para ibu hamil. Padahal, mengenakan alas kaki berhak tinggi bisa membuat kamu beresiko terjatuh dan tentunya bisa berbahaya bagi keselamatan janin. Tak hanya itu, pakai alas kaki berhak tinggi juga bisa bikin kamu merasakan sakit di bagian punggung sebab terjadinya perubahan postur tubuh, serta sakit di pergelangan kaki yang bengkak. Oleh karena itu, saat hamil ada baiknya kamu pakai alas kaki datar tanpa dilengkapi hak dan punya sol yang lunak, ya!

4. Terlalu Lama Berdiri atau Duduk
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Saat sedang hamil, hindarilah kebiasaan berdiri atau duduk terlalu lama. Hal ini karena bisa membuat tumbuh kembang sang janin terganggu, bund. Saat terlalu lama berdiri saat hamil, aliran darah yang menuju ke rahim jadi terganggu. Sedangkan saat duduk terlalu lama, kamu bakal menekan pinggul bawah. Ini bisa menghambat peredaran pada darah, yang dimana membuat volume darah meningkat hingga 50 persen ketika hamil. Nah, aliran darahnya juga bakal menggumpal di bagian tubuh tertentu, seperti panggul dan kaki. Semakin banyaknya penggumpalan darah, kamu bakal berisiko terkena penyakit emboli paru, dan trombosis vena dalam atau DVT. Tentunya ini sangat berbahaya bagi ibu dan janinnya. 

5. Olahraga Berlebihan
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Olahraga memang sangat baik buat kesehatanmu, namun hindari melakukan olahraga berlebihan dan berat. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi kamu, seperti berjalan sehat, yoga, atau berenang. Kalau kamu melakukan olahraga secara berlebihan, maka bisa bikin jaringan otot pada tubuh jadi tegang, sehingga tubuh jadi terasa sakit dan bahkan bisa membuat proses persalinan nanti terganggu. Jika ingin berolahraga saat hamil, sebaiknya cari informasi dan minta saran sama dokter dulu. 

6. Hindari Mengkonsumsi Kafein Berlebihan
Ibu Hamil
Sumber : pinterest.com
Walau ibu merasa baik-baik saja mengkonsumsi kafein, tapi tidak buat janin yang lagi tumbuh. Sebab metabolisme janin masih berkembang. Maka dari itu, selama kehamilan kurangilah mengkonsumsi kafein. Bukan cuma kopi saja yang mengandung kafein, tapi juga teh, soda, cokelat, es krim dan sejumlah makanan serta minuman lainnya. Mungkin kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi minum air putih, atau susu kambing etawa yang baik buat ibu hamil hingga menyusui. Susu kambing ini dapat menjadi sumber nutrisi baik untuk sang ibu dan janin dalam kandungan. Kandungan kalsium pada susu kambing etawa terbilang lebih banyak ketimbang susu sapi biasa. Susu ini juga dipercaya bisa melancarkan produksi ASI atau air susu Ibu, lho. 

Demikian pembahasan tentang kebiasan-kebiasan buruk yang perlu dihindari oleh ibu hamil yang sudah kita simak bersama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para ibu hamil ya, bund!

Kamis, 11 Februari 2021

My Lecturer My Husband, Prilly dan Reza Jadi Tokoh Utama

My Lecturer My Husband
Pic from Instagram
Selama akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini maka saya lumayan sering aktif menggunakan aplikasi TikTok. Saya sering menonton video-video di TikTok seputar makanan, kecantikan, hingga film dan Drama Korea yang bergenre komedi romantis. Saya pun juga menonton sinetron Ikatan Cinta yang sedang banyak dibicarakan itu.