Rabu, 11 Maret 2020

Dongeng Bergambar Sebagai Awal yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Tentang Banyak Hal

Dongeng Bergambar
Pic by Farida Asadi
Masa kecil adalah masa yang paling bahagia. Masa kecil saya adalah masa kebahagiaan saya. Menjelang tidur maka ayah saya akan membacakan dongeng atau menceritakan dongeng sebelum saya tidur. Sedangkan ibu saya jarang sekali membaca dan menceritakan dongeng untuk saya. Saya suka dengan dongeng bergambar karena bisa membuat saya memahami isi cerita dari dongeng tersebut.

Ada banyak sekali dongeng yang saya ketahui. Seperti dongeng Kancil dan Pak Tani. Saya paling suka dengan dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih sejak saya masih kecil hingga saat ini saya masih menyukai dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih.

Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih ini bercerita seputar sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak perempuan. Si kakak bernama Bawang Merah dan si adik bernama Bawang Putih.

Bawang Merah dan Bawang Putih ini bukanlah saudara kandung sehingga ibu tiri Bawang Putih sangat membenci Bawang Putih. Walaupun ibu tiri Bawang Putih jahat kepada Bawang Putih tapi tetap saja Bawang Putih menyayangi ibu tirinya tersebut. Bawang Merah juga membenci Bawang Putih walaupun Bawang Putih menyayangi Bawang Merah.

Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih ini bukan hanya ada di buku dongeng bergambar saja. Dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih juga sudah ada dalam versi kartun dan versi film. Saya pun suka dengan dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih versi kartun dan versi film.

Ada beberapa hal yang bisa menjadikan dongeng bergambar memiliki banyak hal yang bermanfaat bagi anak dan orang tua. Berikut ini adalah manfaat dongeng bergambar sebagai awal yang tepat untuk mengajarkan anak tentang banyak hal yaitu,

1. Mengajak Anak untuk Suka Membaca

Cara termudah untuk mengajak anak agar suka membaca adalah dengan cara membaca dongeng bergambar bersama anak. Kenapa demikian? Karena anak-anak suka dengan buku bergambar maka kita bisa mengajak anak untuk suka membaca dimulai dengan suka membaca buku dongeng bergambar.

2. Membangun Hubungan yang Baik Antara Anak dan Orang Tua

Jika orang tua setiap hari sibuk bekerja maka sempatkanlah sedikit waktu untuk membacakan dongeng bergambar untuk anak. Dengan begitu seorang anak akan dekat dengan orang tuanya dan anak pun akan merasa senang dan bahagia karena orang tuanya sudah perhatian dan menyayangi anaknya.

3. Mengenalkan Anak pada Dongeng Nusantara

Mengajak anak untuk suka membaca dongeng bergambar juga merupakan cara yang tepat untuk mengenalkan anak dengan dongeng Nusantara seperti dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih, Kancil dan Pak Tani, Monyet dan Kura-Kura, dan dongeng Nusantara yang lainnya.

4. Mendapatkan Pesan Baik dari Dongeng

Membaca buku dongeng bergambar maka anak-anak bisa mendapatkan pesan baik dari dongeng tersebut. Seperti Bawang  Putih yang menjadi anak baik dan penurut serta menyayangi kakak dan ibu tirinya.

5. Menjadi Inspirasi Bagi Anak untuk Bisa Menggambar dan Mewarnai

Dengan membaca dongeng bergambar maka seorang anak bisa mendapatkan inspirasi untuk bisa menggambar dan mewarnai. Kenapa demikian? Karena dongeng bergambar memiliki gambar dan warna yang menarik sehingga bisa menginspirasi anak untuk bisa menggambar dan mewarnai.

Hal tersebut mengingatkan saya kala saya masih kecil yaitu saya suka menggambar dan mewarnai. Tapi saya lebih suka mewarnai daripada menggambar karena mewarnai itu lebih mudah daripada menggambar. Karena saya tidak begitu mahir menggambar maka saya pun pernah mengikuti les menggambar bersama teman-teman saya agar saya bisa mahir menggambar.

Itulah sedikit cerita dan pengalaman saya dengan dongeng bergambar. Lalu, dongeng apa saja yang menjadi dongeng favorit kalian? Dan apakah kalian suka membaca dongeng bergambar bersama anak-anak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar