Senin, 27 Juli 2020

Rambut Lepek dan Berminyak, Ini Tips Mengatasinya!

Rambut Lepek
Edited by Farida Asadi
Setiap orang pasti memiliki masalah dengan rambutnya. Masalah pada rambut pun sangat beragam. Seperti berketombe dan rambut rontok. Saya pun pernah mengalami beberapa masalah pada rambut saya seperti rambut rontok, rambut berketombe, serta rambut lepek dan berminyak.

Ketika saya berkunjung ke salon kecantikan waktu itu, saya merasa malu karena rambut lepek yang menjadi masalah pada rambut saya. Maka dari itu saya ingin memotong rambut saya agar terlihat lebih segar dan enak dilihat.

Karena memiliki masalah rambut lepek dan berminyak maka saya pun berusaha agar saya bisa terbebas dari masalah rambut lepek dan berminyak. Berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan agar terbebas dari rambut lepek dan berminyak yaitu,

1. Kurangi Pemakaian Minyak Rambut

Memakai minyak rambut memang berguna untuk rambut. Akan tetapi jangan terlalu banyak dan terlalu sering memakai minyak rambut karena akan berdampak buruk bagi rambut yaitu rambut akan lepek dan berminyak. Maka dari itu kurangi pemakaian minyak rambut agar tidak mengalami rambut lepek dan berminyak.

2. Kurangi Konsumsi Makanan yang Digoreng

Penyebab rambut lepek dan berminyak bukan hanya berasal dari luar saja. Akan tetapi faktor dari dalam juga bisa menjadi penyebab rambut lepek dan berminyak. Jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng (tempe goreng dan bakwan goreng) maka rambut akan lepek dan berminyak maka dari itu kurangi konsumsi makanan yang digoreng.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selain mengurangi konsumsi makanan yang digoreng maka dianjurkan untuk perbanyak makan sayur dan buah agar rambut tetap sehat karena jika kita sudah terbiasa makan banyak sayur dan buah maka kita akan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

4. Menghindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Suhu udara yang panas dan debu yang berterbangan bisa menyebabkan rambut lepek dan berminyak. Maka dari itu kita bisa menghindarkan rambut dari paparan langsung sinar matahari agar rambut tidak lepek dan tidak berminyak.

5. Memakai Hijab Saat Rambut Sudah Kering

Bagi para perempuan yang berhijab pasti sering menutup kepala dengan hijab saat rambut masih basah. Hal tersebut merupakan hal yang keliru karena menutup kepala dengan hijab saat rambut masih basah bisa menyebabkan rambut lepek dan berketombe. Maka dari itu pakailah hijab saat rambut sudah kering.

6. Menyisir Rambut dengan Teratur

Menyisir rambut memang berguna agar rambut kita terlihat rapi. Tapi jangan terlalu sering menyisir rambut karena hanya akan membuang waktu berharga yang kalian miliki. Maka dari itu sisirlah rambut setiap dua kali sehari agar rambut tidak lepek.

7. Rutin Mencuci Sisir Rambut

Agar rambut tidak kotor dan lepek maka kita juga harus rutin dan rajin mencuci sisir rambut setiap satu minggu sekali. Hal ini bertujuan agar rambut kita bersih dari kotoran yang tertinggal di sisir rambut.

8. Keramas Secara Teratur

Ingin membuat rambut tidak lepek dan tidak berminyak maka keramas setiap hari bukanlah solusinya. Keramas setiap hari hanya akan membuat kita semakin boros dalam penggunaan sampo dan air. Maka dari itu kita bisa melakukan keramas dua kali dalam seminggu agar terhindar dari rambut lepek dan rambut berminyak.

9. Memakai Sampo Sesuai Jenis Rambut

Memakai sampo sesuai dengan jenis rambut merupakan hal yang tepat. Maka dari itu jika kalian memiliki masalah rambut lepek dan berminyak maka kalian bisa memilih sampo khusus untuk rambut lepek dan berminyak.

10. Memakai Kondisioner dengan Benar

Setelah memakai sampo maka jangan lupa untuk memakai kondisioner agar lebih maksimal dan rambut terlihat lebih indah. Maka dari itu pakailah kondisioner dengan benar agar rambut tidak lepek dan tidak berminyak.

Itulah masalah rambut lepek yang pernah saya alami dan upaya yang saya lakukan untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak. Lalu, apakah kalian pernah mengalami masalah rambut lepek dan berminyak?

2 komentar:

  1. Rambut lepek dan berminyak itu nyebelin banget pokoknya :D
    biasanya saya disikapi dengan rajin keramas, dan pakai shampo yang tepat.
    Asupan makanan juga diperhatikan sih, karena ngaruh juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Yuk sayangi rambut dengan rajin merawat rambut dari luar dan juga dari dalam!

      Hapus