Perjalanan 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat Bersama Masyarakat

12 komentar
BRI 128 Tahun


Halo, Teman Farida!

Kembali mengingat masa lalu saat saya masih jadi siswi sekolah dasar di tahun 2007. Saat itu ada hal yang membuat masyarakat di kampung saya enggan untuk menabung di bank karena harus ke kota dulu.

Eits, tenang dulu karena di tahun 2008 itu saya akhirnya tahu kalau Bank BRI ada di setiap kecamatan dan di kecamatan Brangsong sudah ada Bank BRI jadi masyarkat kecamatan Brangsong bisa menabung di bank. Masyarakat Kecamatan Brangsong merasa bahagia dong karena ada Bank BRI di Kecamatan Brangsong.


Ya, Bank BRI memiliki kantor cabang sebanyak 449 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada akhir tahun 2022. Selain itu, Bank BRI memiliki 13.863 unit ATM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlahnya unit ATM BRI yang sebanyak itu tentu saja memudahkan masyarakat untuk ambil uang di mesin ATM atau melakukan transaksi keuangan lainnya.

Tidak hanya di Indonesia, Bank BRI juga memiliki kantor cabang di luar negeri seperti di New York, Hongkong, Singapura, dan Taiwan. Adik sepupu saya yang beberapa tahun lalu bekerja di Hongkong pun mengatakan kalau ada kantor cabang Bank BRI di Hongkong dan adik sepupu saya melihatnya secara langsung.

Setelah tahu tentang jumlah kantor cabang dan unit ATM milik Bank BRI. Lalu, gimana sih awal mula Bank BRI berdiri? Yuk mari kita bahas sedikit tentang perjalanan Bank BRI dari awal berdiri sampai sekarang ini.

Sejarah Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Bank BRI berdiri pada tanggal 16 Desember 1895 dan didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah. Pada saat awal berdiri namanya adalah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden.

Raden Bei Aria Wirjaatmadja mendirikan De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden dengan tujuan mengelola dan menyalurkan dana masjid untuk masyarakat dengan sistem yang sederhana.

Pada tahun 1946 setelah Indonesia merdeka, Bank BRI dinobatkan sebagai Bank Pemerintah pertama di Indonesia menurut PP (Peraturan Pemerintah) No. 1 Tahun 1946. Di tahun 2023 ini, Bank BRI berusia 128 tahun. Perjalanan panjang dalam membersamai masyarakat Indonesia untuk bersama-sama dalam hal mengatur keuangan. KUAT dan HEBAT. Ya, saya setuju karena Bank BRI mampu bergerak cepat, terus berinovasi, berkembang, dan menjadi lebih hebat dalam perjalanannya selama 128 tahun BRI Untuk Indonesia negeri kita tercinta.

Dan selanjutnya saya ingin bercerita tentang pengalaman saya bersama Bank BRI. Awalnya adalah saat saya bingung mau transfer uang dan beruntunglah saya karena akhirnya saya tidak perlu jauh ke kota untuk bisa transfer uang karena saya bisa transfer uang di BRILink yang ada di kampung saya.

Transfer Uang Lewat BRILink Jadi Mudah dan Cepat

Ya, berawal dari kebingungan akhirnya saya menemukan jalan. Saya pun akhirnya transfer uang untuk saudara jauh lewat BRILink. Mudah dan cepat, saya pun tak perlu ke unit ATM yang lokasinya berada di dekat kota karena jaraknya yang jauh dari tempat tinggal saya. Hingga sampai saat ini saya masih sering transfer uang melalui BRILink karena mudah dan cepat. Agen BRILink ada di setiap kampung karena biasanya toko kelontong menjadi agen BRILink.

Agen BRILink

Berawal dari transfer uang melalui BRILink muncul keinginan yang muncul dari diri saya sendiri yaitu ingin punya toko kelontong dan bergabung menjadi Agen BRILink. Lalu, apa nih motivasi pengen punya toko kelontong dan bergabung menjadi Agen BRILink?


Karena saya ingin menjadi orang yang punya penghasilan dengan cara berjualan yaitu menjual aneka macam bahan makanan dan jajanan karena saya tuh hobi jajan. Maka dari itu saya ingin mengalihkan hobi jajan jadi peluang menghasillkan cuan.

Jika saya punya toko kelontong nantinya maka saya akan mengajak UMKM untuk bekerja sama memasarkan produknya di toko kelontong saya karena Pahlawan UMKM adalah mereka yang terus berusaha memasarkan produknya untuk memperoleh keuntungan dan membuka lowongan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya.

Do’akan saya ya teman agar saya bisa mempunyai toko kelontong dari hasil tabungan saya sendiri dan bisa bergabung dengan Agen BRILink agar warga di sekitar tempat tinggal saya bisa transfer uang, ambil uang, atau transaksi lainnya.

BRI Link

Tidak hanya bisa transfer uang saja di BRILink karena banyak transaksi lainnya yang bisa dilakukan di BRILink yaitu transfer ke sesama BRI, transfer dari BRI ke bank lain, transfer dari bank lain ke BRI, setor dan tarik tunai, bayar listrik, bayar belanja online, beli pulsa, setoran pinjaman, top up BRIZZI, info saldo, bayar tagihan air, bayar BPJS, dan bayar cicilan.

Selamat ulang tahun yang ke 128 untuk Bank BRI semoga semakin jaya, semakin sukses, selalu memberikan layanan terbaik untuk masyarakat, selalu berinovasi mengikuti perkembangan teknologi berupa Digitalisasi BRI yang memudahkan masyarakat bertransaksi secara online, semoga Bank BRI semakin kuat dan hebat.


Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang perjalanan 128 tahun Bank BRI bersama masyarakat tumbuh hebat dan kuat, Digitalisasi BRI yang memudahkan masyarakat dalam hal transaksi keuangan, serta pengalaman saya bersama dengan Bank BRI. Jadi, bagaimana pengalaman seru kalian bersama dengan Bank BRI?

Referensi Gambar dan Tulisan : Website bri.co.id, Instagram @bankbri_id dan Koleksi Pribadi

12 komentar

  1. Keren banget yaa BRI udah 128 tahun, salah satu bank terbaik di Indonesia emang, mama sama papaku juga pakenya bank BRI, sekarang makin praktis juga karna udah bisa bayar bayar lewat BRI yaaa

    BalasHapus
  2. Ternyata usia BRI udah lebih dari 100 tahun. Wow! Cabangnya juga banyak banget, ya. Di pelosok mana pun juga kayaknya ada BRI.

    BalasHapus
  3. Wah udah 128 tahun ya. BRI memang terdepan sih soal jangkauan sampai ke pelosok. Di mana-mana ada BRI. Pastinya nasabahnya juga banyak. Termasuk para pelaku UMKM. Semoga makin mudah dan terbantu.

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun, BRI yang ke 128.
    Semakin sukses dan terus berinovasi di bidang perbankan yang memudahkan menjangkau masyarakat.

    Aku salut banget, karena BRI hadir secara nyata di tengah pengusaha UMKM. Terutama saat pandemi kemarin. Jadi merasa terbantu sekali untuk para pengusaha untuk tetap struggling di tengah bada pandemi.

    Semoga impian ka Farida bisa terwujud bersama BRI yaa..

    BalasHapus
  5. Ga sangka ya, bri udah 128 tahun aja. Kayanya dulu BRI deh sama kemerdekaan RI.

    Sekarang menjangkau masyarakat bgt ya dengan memberikan bantuan UMKM yg juga lagi getolnya2nya membangun usaha.

    Sukses terus BRI dan UMKM semoga kolaborasi ini terus berlanjut.

    BalasHapus
  6. punya toko kelontong jadi tambah praktis menggunakan BRI ya sebagai pembayarannya. Karena juga lokasinya sudah tersebar di berbagai tempat

    BalasHapus
  7. BRI selalu di hati.
    Aku ngerasa terbantu banget pas pandemi. Usaha yg aku tekuni sama adek, terselamatkan berkat BRI.

    BalasHapus
  8. Boleh dibilang, BRI ini merakyat ya mba. Apalagi bener seperti yang dikatakanbanyak orang bahwa banyak yang terbantu dengan adanya BRI ini

    BalasHapus
  9. BRI banyak berinovasi melalui produk2 finansialnya yaa... Makanya berhasil masuk ke berbagai lapisan masyarakat.

    Semoga keinginanmu untuk punya toko kelontong terwujud, Farid. Toko yang berperan sebagai agen BRILink selalu rame loh.

    BalasHapus
  10. Bank BRI ini ada di mana-mana dan biasanya termasuk di daerah yang agak pelosok juga misalnya di daerah tertentu di kabupaten. Semoga makin maju dan makin meningkat lagi pelayanannya dan bisa membawa manfaat positif bagi masyarakat.

    BalasHapus
  11. Dari dulu sampau sekarang masih setia jadi nasabah BRI eh tapi aku baru tahu usianya ternyata udah lebih dari 1 abad ya. Semoga makin sukses dan bermanfaat ke depannya

    BalasHapus
  12. wow, sudah 128 tahun? ga nyangka sudah selama itu ya berdirinya.. selamat HUT ke 128 ya BRI, semoga makin banyak nasabah yang puas dengan pelayanannya, makin maju dan sukses ya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Siti Faridah dan meninggalkan komentar 🤩