Jumat, 10 April 2020

Olahan Nasi Goreng yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Olahan Nasi
Nasi Goreng Kepiting. Pic by Siti Faridah.
Apa menu makanan favorit kalian? Kalau saya maka saya memiliki banyak sekali makanan favorit seperti bakso, soto ayam, mie ayam, dan yang lainnya. Dan saya pun paling suka dengan olahan nasi berupa nasi goreng. Kenapa demikian? Karena nasi goreng memiliki rasa yang enak dan bisa dibeli di warung makan terdekat dari rumah saya. Saya pun sering memasak nasi goreng untuk keluarga saya.

Selain memasak nasi goreng, saya pun juga pernah membuat Gimbap yang merupakan makanan khas Korea Selatan. Membuat Gimbap pun sederhana dan mudah sekali yaitu kita siapkan dulu nasi putih dan nori (rumput laut). Untuk isiannya maka saya pun memakai telur dadar. Masukkan telur dadar ke dalam nasi dan kemudian bungkus nasi tersebut dengan nori (rumput laut). Maka Gimbap pun siap untuk disantap.

Saya pernah membuat Gimbap, akan tetapi saya belum pernah membuat Sushi yang merupakan makanan khas Jepang. Saya hanya pernah membeli Sushi di daerah Cepiring Kendal bersama adik sepupu saya.

Saya dan adik sepupu saya lumayan sering untuk wisata kuliner di daerah Kendal dan Semarang. Saya dan adik sepupu saya juga sering membeli nasi goreng. Pernah pula saya dan adik sepupu saya memasak sendiri nasi goreng di rumah adik sepupu saya.

Di tahun 2020 ini maka saya dan adik sepupu sudah mulai jarang wisata kuliner bersama karena sibuk dengan urusan masing-masing. Dan di bulan April 2020 ini lebih baik kita di rumah saja dan menunda dulu untuk wisata kuliner agar tidak terkena virus Corona.

Kemudian saya pun banyak belajar memasak masakan yang sederhana untuk keluarga saya seperti tempe bacem, acar mentimun, sup sayuran, dan yang lainnya. Tak lupa pula saya memasak nasi goreng yang merupakan makanan favorit saya. Berikut ini adalah olahan nasi goreng yang enak dan mudah dibuat di rumah yaitu,

1. Nasi Goreng Kepiting

Awal mula saya memasak nasi goreng kepiting adalah saat kakak ipar saya memberikan beberapa kepiting untuk saya. Biasanya saya hanya memasak kepiting dengan bumbu pedas manis. Kemudian saya pun ingin mencoba memasak nasi goreng kepiting.

Untuk membuat nasi goreng kepiting maka cuci kepiting terlebih dahulu dan kemudian rebus kepiting hingga matang. Kepiting yang sudah berwarna kuning kemerahan adalah pertanda kepiting sudah matang.

Selanjutnya adalah mempersiapkan bumbu nasi goreng yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. Haluskan semua bumbu dan kemudian masak bumbu dengan sedikit saja minyak goreng. Aduk bumbu sampai matang dan tercium aroma wangi bumbu tersebut.

Kemudian masukkan kepiting ke dalam bumbu tersebut dan aduk hingga merata. Setelah itu masukkan nasi putih dan aduk sampai merata. Tambahkan saus pedas manis dan kecap manis hingga nasi berubah warna menjadi kecoklatan. Aduk terus sampai rata dan jika sudah matang maka nasi goreng kepiting siap disantap.

2. Nasi Goreng Pete

Nasi goreng pete merupakan nasi goreng yang dimasak dengan cara memasukkan bumbu nasi goreng yang sudah dihaluskan ke dalam wajan yang berisi sedikit minyak goreng. Kemudian masukkan pete ke dalam bumbu tersebut. Aduk sampai merata dan masukkan juga nasi putih. Goreng nasi sampai matang hingga nasi goreng pete siap disajikan.

3. Nasi Goreng Jaman Dulu

Nasi goreng jaman dulu adalah nasi goreng yang sering dimasak oleh ibu saya. Nasi goreng jaman dulu memakai bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam). Cara membuatnya mudah sekali yaitu masukkan bumbu ke dalam wajan yang berisi sedikit minyak goreng. Aduk bumbu sampai aromanya keluar dan masukkan nasi putih. Aduk sampai bumbu merata dan nasi matang. Nasi goreng jaman dulu siap untuk disantap.

4. Nasi Goreng Telur

Nasi goreng rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan telur. Cara membuat nasi goreng telur juga cukup mudah seperti nasi goreng pada umumnya. Kalau saya lebih suka nasi goreng yang dilengkapi dengan telur dadar di atas nasi goreng.

5. Nasi Goreng Bakso

Nasi goreng bakso juga menjadi nasi goreng yang mudah dibuat di rumah. Cara memasak juga mudah sekali yaitu masukkan bumbu nasi goreng ke dalam wajan yang berisi sedikit minyak goreng. Kemudian masukkan bakso dan aduk sampai merata dan matang. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nasi ke dalam wajan dan aduk sampai merata. Tambahkan pula kecap manis dan aduk sampai merata hingga nasi matang dan siap disajikan.

Itulah olahan nasi goreng yang enak dan mudah dibuat di rumah. Memasak nasi goreng di rumah juga menjadi media bagi saya untuk belajar mengasah kemampuan memasak sekaligus untuk menghilangkan resah dan gelisah.

4 komentar:

  1. Jadi pengen masak nasi goreng kepiting setelah baca postingan ini. Harus beli kepiting dulu nih di pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ayo masak nasi goreng kepiting. Bisa juga loh masak nasi goreng lainnya seperti nasi goreng Pete dan nasi goreng telur.

      Hapus
  2. hahaha, kalau saya biasanya bikin nasi goreng telur sama nasi goreng bakso/ayam, atau apa saja yang ada di kulkas :D

    Anak kedua saya nih kesukaannya cuman telur goreng dan nasi goreng, duuhh..

    Jadi mamak kudu putar otak biar nasgor maupun telur gorengnya kudu ada sayurannya dan daging juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Nasi goreng telur menjadi nasi goreng yang disukai banyak orang karena mudah cara masaknya.

      Hapus