Senin, 15 Juni 2020

Semangat Belajar dan Berkarya Saat #DiRumahAja

Semangat Belajar
Pic from Canva.
Walaupun saya sudah lulus dari sekolah menengah kejuruan akan tetapi saya tetap harus semangat belajar dan saya pun ingin segera melanjutkan kuliah jika situasi dan kondisi sudah mendukung saya untuk melanjutkan kuliah.

Selain itu, saya pun juga sering mengikuti seminar, talkshow, workshop dan pelatihan yang bisa membuat saya menambah pengetahuan sekaligus mengasah kemampuan saya. Saya sering mengikuti berbagai seminar dan workshop yang temanya saya suka dan lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya seperti di area Kota Kendal dan Kota Semarang. Akan tetapi sejak adanya virus Corona ini maka saya hanya di rumah saja agar memutus rantai penyebaran virus Corona.

Saat di rumah saja maka bukan berarti saya harus diam saja dan banyak melamun. Saya pun memanfaatkan apa yang ada untuk bisa saya gunakan sebagai media belajar dan berkarya. Dan berikut ini yang saya lakukan agar tetap semangat belajar dan berkarya saat di rumah aja yaitu,

1. Menyusun Jadwal dengan Rapi

Akhir-akhir ini saya sedang menulis jadwal harian dengan rapi agar segala kegiatan yang saya lakukan bisa berjalan lancar sesuai rencana. Misalnya saja saya membuat jadwal harian mulai dari bangun jam setengah lima pagi lalu saya mandi, sholat Subuh, memasak, mencuci piring, mencuci baju hingga selesai jam enam pagi.

Setelah itu saya mengurus keponakan saya yang masih balita hingga jam sembilan pagi. Saat keponakan saya tertidur maka saya pun menyempatkan diri untuk menulis di blog atau pun untuk membaca buku ilmu pengetahuan.

Setelah jam lima sore maka keponakan saya akan tinggal di rumahnya bersama ibunya. Dan saya pun bebas tugas merawat keponakan saya. Dan biasanya waktu luang tersebut saya gunakan untuk menonton drama Korea atau film Indonesia sebagai hiburan agar saya bisa tetap bahagia. Sedangkan untuk hari minggu maka saya mengikuti kelas online tentang ngeblog agar pengetahuan saya tentang ngeblog bisa semakin luas.

2. Membaca Buku Pengetahuan Dalam Suasana Tenang

Siapa yang suka membaca buku dalam suasana tenang? Kalau begitu kita sama karena saya suka membaca buku pengetahuan dalam kondisi tenang. Mengapa demikian? Karena saat suasana tenang maka saya bisa berkonsentrasi saat membaca sehingga saya bisa memahami buku yang saya baca.

3. Belajar Memasak

Selama di rumah saja maka saya pun banyak belajar terutama belajar memasak. Saya pun akhirnya belajar memasak gulai kambing, gulai sapi, soto ayam, bakso ayam, dan masakan yang lainnya.

4. Belajar Membuat Kerajinan Tangan dengan Bahan yang Tersedia

Belajar membuat kerajinan tangan dengan bahan yang tersedia ini sudah sering saya lakukan. Biasanya saya membuat bross dari kain flanel untuk saya jual dan juga untuk melatih kemampuan saya dalam bidang kerajinan tangan.

5. Belajar Berkebun

Sebenarnya setiap hari saya selalu akrab dengan dunia pertanian dan dunia berkebun. Dan saat di rumah saja maka saya pun sedang menumbuhkan semangat saya untuk menanam lidah buaya yang nantinya bisa saya gunakan untuk perawatan secara alami untuk rambut dan kulit.

6. Belajar Membantu Keponakan Saat Belajar #DiRumahAja

Karena keponakan saya harus belajar di rumah saja demi memutus rantai penyebaran virus Corona maka keponakan saya mendapat banyak tugas dari wali kelasnya. Salah satu tugas sekolah keponakan saya adalah membuat masker dari kain. Saya dan keponakan saya pun sama-sama semangat belajar dalam membuat masker dari kain tanpa dijahit.

7. Belajar Memotret

Saya suka memotret sehingga waktu luang yang saya miliki saya manfaatkan untuk memotret bunga-bunga yang ada di depan rumah dan juga memotret hasil makanan yang telah saya masak.

Itulah cara saya agar tetap semangat belajar dan berkarya saat #DiRumahAja. Lalu, bagaimana cara kalian dan apa saja yang kalian lakukan agar bisa tetap semangat belajar dan berkarya saat #DiRumahAja?

2 komentar:

  1. Banyak hal sebenarnya yang bisa kita lakukan meski hanya di rumah saja ya, yang penting selalu semangat :)

    Kalau saya malah makin rempong meski di rumah aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Walau kadang bosan saat harus di rumah aja. Semoga sebentar lagi kita bisa segera keluar rumah dan traveling tanpa rasa khawatir sama sekali.

      Hapus