Rabu, 26 Februari 2020

Bengkel Motor, Tempat Magang Favorit Bagi Siswa SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor

Bengkel
Pic by Yamaha Jateng
Bersekolah di sekolah menengah kejuruan sudah diminati sejak tahun 2011 khususnya di daerah Kabupaten Kendal. Ada banyak sekali sekolah menengah negeri dan sekolah menengah swasta di daerah Kabupaten Kendal. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan teknik sepeda motor. Para siswa sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor seringkali melakukan praktik langsung di bengkel sepeda motor.

Jurusan teknik sepeda motor banyak diminati oleh siswa laki-kali. Sedangkan jurusan yang banyak diminati oleh siswi perempuan adalah jurusan busana butik, administrasi perkantoran, akuntansi, perbankan syariah, rekayasa perangkat lunak, pemasaran, tata boga, dan masih banyak lagi jurusan lainnya yang diminati oleh siswi perempuan.

Saya pun merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan rekayasa perangkat lunak. Banyak hal yang saya pelajari selama tiga tahun menjadi siswi sekolah menengah kejuruan jurusan rekayasa perangkat lunak terutama perangkat lunak komputer.

Bagi siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan maka akan merasa bahagia mengikuti praktik kerja industri (magang) di dunia usaha dan di dunia industri. Siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan wajib mengikuti magang di dunia usaha atau di dunia industri selama kurang lebih tiga bulan lamanya.

Jika jurusan administrasi perkantoran magang di kantor-kantor besar terutama kantor pemerintahan. Maka berbeda dengan jurusan rekayasa perangkat lunak yang siswanya biasanya magang di pusat perlengkapan komputer ataupun dunia usaha di bidang desain grafis.

Siswa dan siswi jurusan tata boga akan magang di restoran atau rumah makan. Sedangkan jurusan pemasaran akan magang di mall dan pusat perbelanjaan. Dan untuk jurusan teknik sepeda motor biasanya magang di bengkel sepeda motor.

Tujuan Siswa SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor Magang di Bengkel Sepeda Motor

1. Untuk Mempraktikkan Ilmu yang Sudah Diperoleh di Sekolah

Saat di sekolah maka siswa sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor sudah mendapat banyak pelajaran dan materi seputar ilmu teknik sepeda motor. Maka dari itu dengan diadakannya magang maka bertujuan untuk mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh selama di sekolah untuk dipraktikkan di tempat magang yang merupakan dunia usaha di bidang bengkel sepeda motor.

2. Untuk Memenuhi Tugas Magang (Praktik Kerja Industri)

Melaksanakan magang merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh siswa sekolah menengah kejuruan. Mengikuti Magang juga merupakan suatu syarat untuk naik kelas ataupun untuk mengikuti ujian sekolah dan ujian nasional.

3. Untuk Mendapatkan Pengalaman Baru di Bidang Teknik Sepeda Motor

Magang di bengkel sepeda motor bagi siswa sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor bertujuan agar para siswa bisa mendapatkan pengalaman baru di bidang bengkel sepeda motor yang belum pernah didapatkan siswa saat di sekolah.

4. Untuk Melatih Siswa di Bidang Menulis

Saat magang telah selesai maka para siswa diwajibkan untuk menulis laporan hasil magang. Saat menulis laporan magang inilah maka siswa dilatih untuk mengasah kemampuan di bidang menulis yang tentunya akan bermanfaat bagi siswa baik di masa kini atau di masa depan nanti.

5. Untuk Melatih Siswa Menjalin Kerja Sama yang Baik Sekaligus Menjaga Tali Persaudaraan dan Persahabatan dengan Dunia Usaha di Bengkel Sepeda Motor dan dengan Siswa dari Sekolah Lain

Melalui magang maka siswa dilatih untuk menjalin kerja sama yang baik dengan para pemilik dan pekerja di dunia usaha tersebut. Para siswa juga diajak untuk menjalin persahabatan dengan siswa dari sekolah lain yang juga melaksanakan magang di tempat dan bidang usaha yang sama.

6. Untuk Mempersiapkan Siswa dalam Menghadapi Dunia Kerja di Bidang Bengkel Sepeda Motor

Magang juga bertujuan untuk mempersiapkan siswa sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Maka dari itu magang bagi siswa jurusan teknik sepeda motor itu memang sangat penting sekali.

7. Sebagai Motivasi dan Inspirasi Bagi Siswa untuk Membangun Sebuah Bidang Usaha di Bidang Bengkel Sepeda Motor

Siswa juga bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi saat mengikuti magang. Bagi siswa sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor maka bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi seputar membangun usaha di bidang bengkel sepeda motor.

Itulah sedikit hal seputar bengkel sepeda motor dan siswa jurusan teknik sepeda motor. Lalu, apakah kalian mempunyai pengalaman yang tak terlupakan saat magang? Atau kalian mendapat banyak ilmu dan mendapat banyak inspirasi saat magang?

2 komentar:

  1. Benar mbak, dengan magang bisa mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh selama di sekolah untuk dipraktikkan di tempat magang yang merupakan dunia usaha di bidang bengkel sepeda motor.😃😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Bener banget. Di Kendal sekarang ini banyak siswa laki-laki sekolah menengah kejuruan jurusan teknik sepeda motor yang magang di bengkel motor.

      Hapus