Selasa, 25 Februari 2020

Merawat Rambut Rusak, Ini Tipsnya!

Merawat Rambut Rusak
Pic from www.pexels.com
Sebagai seorang perempuan maka kita harus menjaga penampilan. Salah satunya adalah menjaga penampilan dengan menjaga kesehatan rambut. Kesehatan rambut itu memang penting bagi perempuan. Apabila seorang perempuan mengalami masalah pada rambut maka perempuan tersebut akan merasa gelisah. Maka dari itu kali ini saya ingin memberitahukan tentang cara merawat rambut rusak yaitu,

1. Memakai Shampoo Khusus untuk Rambut Rusak

Untuk merawat rambut rusak maka pakailah shampoo khusus untuk rambut rusak saat keramas. Shampoo untuk rambut rusak itu memiliki manfaat untuk melembutkan rambut dan menutrisi rambut agar rambut tidak rusak lagi dan tentunya rambut menjadi sehat sehingga hal tersebut menjadi keinginan dan harapan bagi semua perempuan.

2. Memakai Conditioner

Untuk merawat rambut rusak maka tidak cukup hanya memakai shampoo saja saat keramas. Maka dari itu untuk merawat rambut yang rusak maka pakailah conditioner setelah keramas. Setelah keramas maka pakailah conditioner pada rambut kemudian diamkan selama tiga sampai lima menit. Selanjutnya bilas dengan air sampai bersih.

3. Mengurangi Penggunaan Pengering Rambut dan Catokan Rambut

Terlalu sering menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut bisa membuat rambut menjadi rusak. Terlalu sering menggunakan catokan rambut untuk meluruskan rambut juga bisa membuat rambut rusak. Kenapa demikian? Karena terlalu sering menggunakan pengering rambut dan catokan rambut bisa membuat rambut menjadi panas sehingga rambut menjadi rusak yang ditandai dengan ujung rambut yang bercabang. Maka dari itu kurangilah penggunaan pengering rambut dan catokan rambut untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan tidak rusak.

4. Creambath di Salon Kecantikan

Creambath di salon kecantikan merupakan salah satu cara untuk merawat rambut yang rusak. Selain itu, creambath di salon kecantikan juga bisa dijadikan waktu me time untuk diri sendiri karena saat creambath maka rambut akan lebih terawat dan kita pun bisa menjadi rileks karena saat creambath telah selesai maka kita akan dipijat di area pundak. Creambath di salon kecantikan bisa dilakukan seminggu sekali ataupun sebulan sekali.

5. Memakai Pelembab Rambut

Memakai pelembab rambut juga merupakan salah satu cara untuk merawat rambut yang rusak. Cara penggunaan pelembab rambut juga mudah sekali yaitu kita hanya tinggal mengoleskan pelembab rambut hingga merata dan tanpa perlu dibilas.

6. Memakai Vitamin Rambut

Memakai vitamin rambut untuk merawat rambut yang rusak merupakan langkah yang tepat untuk merawat rambut yang rusak. Vitamin rambut akan menutrisi rambut sehingga rambut akan lebih sehat dan lebih lembut.

7. Memotong Rambut yang Bercabang dan Rambut yang Rusak

Memotong ujung rambut yang bercabang dan ujung rambut yang rusak adalah salah satu cara untuk merawat rambut yang rusak. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar rambut yang rusak dan bercabang tidak semakin banyak dan menyebar sehingga masalah rambut rusak bisa segera teratasi.

8. Memakai Minyak Khusus untuk Rambut yang Rusak

Memakai minyak rambut khusus untuk rambut yang rusak adalah langkah yang tepat untuk merawat rambut yang rusak. Rambut yang rusak itu biasanya kering dan bercabang sehingga untuk merawat rambut yang rusak maka bisa memakai minyak khusus rambut seperti minyak urang aring dan minyak zaitun. Minyak urang aring bisa digunakan untuk membuat warna rambut menjadi lebih hitam. Sedangkan minyak zaitun bermanfaat untuk melembapkan rambut. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam memakai minyak khusus untuk rambut tersebut karena bisa membuat rambut menjadi lepek dan terlalu berminyak!

9. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Perbanyak makan sayur dan buah merupakan salah satu cara untuk bisa menerapkan pola hidup sehat. Perbanyak makan sayur dan buah juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah dan rambut. Terlalu banyak memakan makanan yang digoreng seperti ayam goreng dan yang lainnya bisa membuat rambut makin berminyak. Rambut yang terlalu berminyak akan menjadi lepek dan rusak. Maka dari itu kurangi konsumsi makanan yang digoreng serta perbanyak makan buah dan sayur untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan rambut.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut rusak. Saya pun juga pernah mengalami rambut yang rusak ketika saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kala itu saya sering mencatok rambut saya setiap hari dan inilah cerita tentang pengalaman saya saat mengalami rambut yang rusak.

Pengalaman Menyedihkan Ketika Rambut Mengalami Kerusakan

Pertama kali mengenal catokan rambut adalah saat tetangga saya meluruskan rambut menggunakan catokan rambut kala saya dan tetangga saya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Berawal dari situlah akhirnya saya sering menggunakan catokan rambut untuk meluruskan rambut.

Saya terlalu senang meluruskan rambut hingga dua hari sekali saya selalu meluruskan rambut menggunakan catokan rambut. Tapi ternyata terlalu sering menggunakan catokan rambut untuk meluruskan rambut membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut yaitu ditandai dengan ujung rambut yang bercabang.

Saya pun akhirnya mulai memotong ujung rambut saya yang bercabang tersebut. Kemudian saya pun memakai shampoo dan conditioner khusus untuk rambut rusak, memakai vitamin rambut dan saya pun sudah mulai jarang sekali menggunakan catokan rambut untuk meluruskan rambut karena saya ingin memiliki rambut yang sehat dan lembut serta rambut yang tidak rusak.

Demikianlah sedikit cerita tentang hal menyedihkan yang saya alami yaitu mengalami kerusakan pada rambut. Rambut yang rusak memang hal yang menyedihkan bagi saya. Lalu apakah kalian pernah mengalami rambut yang tidak sehat dan mengalami kerusakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar