Cari Informasi Kuliah dan Peluang Kerja Jurusan Ilmu Farmasi? Ini Infonya!

2 komentar
Kuliah Jurusan Ilmu Farmasi


Halo, Teman Farida!

Tahun 2011 adalah tahun populernya SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di kabupetan Kendal. Salah satu jurusan yang banyak diminati adalah jurusan farmasi dan ada lebih dari tiga SMK swasta di kabupaten Kendal dengan jurusan farmasi.

SMK jurusan farmasi tentu saja magang (praktik kerja) di lembaga kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan PUSKESMAS. Akan tetapi banyak juga yang bekerja di perusahaan kosmetik dan obat-obatan sebagai operator produksi setelah lulus SMK jurusan farmasi. Dan banyak juga yang melanjutkan kuliah S1 jurusan ilmu farmasi.

Tidak hanya lulusan SMK jurusan farmasi yang bisa kuliah S1 jurusan ilmu farmasi. Lulusan SMA kategori IPA juga bisa kuliah S1 jurusan ilmu farmasi. Dan di kabupaten Kendal ada kampus swasta dengan jurusan ilmu farmasi. Jika ingin banyak pilihan kampus unggulan maka bisa memilih kampus negeri dan kampus swasta yang ada di kota Semarang karena ada lebih dari 5 kampus di kota Semarang dengan jurusan ilmu farmasi.

Berapa Lama Kuliah S1 Jurusan Ilmu Farmasi?

Seperti yang kita tahu kuliah S1 pada umumnya 4 tahun tapi bisa juga lebih cepat menjadi 3,5 tahun. Lalu, apa gelarnya setelah lulus menjadi sarjana farmasi? Setelah lulus dari jurusan ilmu farmasi maka akan mendapat gelar Sarjana Farmasi (S.Farm). Selanjutnya sarjana farmasi bisa kuliah lagi selama satu tahun untuk kuliah profesi yang diinginkan dan akan mendapatkan gelar Apoteker (Apt).

Kenapa Banyak Orang Memilih Jurusan Ilmu Farmasi?


Jurusan Farmasi


Kira-kira kenapa ya banyak orang memilih jurusan ilmu farmasi sejak masih SMK sampai kuliah S1 dan kuliah profesi? Bisa jadi karena suka melakukan penelitian tentang obat-obatan dan banyak peluang kerja bagi lulusan ilmu farmasi.

Apa Saja Peluang Kerja Jurusan Ilmu Farmasi?

Pasti banyak yang mengira kalau jurusan farmasi akan bekerja di bidang obat-obatan. Padahal peluang kerja jurusan farmasi tidak melulu tentang obat karena banyak peluang kerja jurusan ilmu farmasi yaitu sebagai berikut,

1. Jadi Tenaga Kefarmasian di Lembaga Kesehatan

Setelah lulus dari jurusan ilmu farmasi maka lulusan ilmu farmasi bisa bekerja menjadi tenaga kefarmasian di lembaga kesehatan seperti rumah sakit, klinik kesehatan, klinik kecantikan, dan PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat).

2. Jadi Apoteker

Lulusan jurusan ilmu farmasi yang sudah bergelar S.Farm bisa kuliah lagi yaitu kuliah profesi dan akan mendapat gelar Apoteker (Apt) dan kemudian bisa menjadi apoteker. Jika hanya bergelar S.Farm saja maka hanya bisa menjadi tenaga kefarmasian di apotek yang tugasnya yaitu membantu apoteker memastikan pasien menerima obat yang benar dan tepat.

3. Bekerja di Perusahaan Obat-Obatan

Yes, betul banget kalau lulusan ilmu farmasi bisa bekerja di perusahaan obat-obatan. Contohnya seperti bekerja di perusahaan yang memproduksi obat-obatan seperti obat penurun demam, obat sakit kepala, obat sakit gigi, dan yang lainnya.

4. Bekerja di Perusahaan Kecantikan

Lulusan jurusan ilmu farmasi bisa menjadi tenaga kefarmasian di perusahaan kecantikan yang memproduksi skincare, bodycare, dan kosmetik. Seru ya kalau bisa bekerja memproduksi skincare dan body care secara langsung di pabriknya setelah lulus dari jurusan ilmu farmasi.

5. Bekerja di Instansi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Lulusan jurusan ilmu farmasi bisa bekerja di BPOM karena tentu saja ilmu yang didapat saat kuliah bisa diterapkan di tempat kerja yaitu ilmu farmasi yang didapat saat kuliah bisa diterapkan saat bekerja di BPOM.

6. Jadi Blogger Niche Kesehatan

Untuk kalian yang suka menulis dan kuliah jurusan ilmu farmasi maka bisa banget menjadi blogger niche kesehatan yang memposting artikel tentang ilmu farmasi dan bisa juga memposting artikel tentang review skincare + bodycare di blog.

Lalu, dari mana blogger niche kesehatan mendapatkan penghasilan? Dari menerima job review skincare + bodycare dan dari Google Adsense jika blog sudah terdaftar di Google Adsense. Tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan, blogger niche kesehatan juga bisa berbagi ilmu dan pengetahuan seputar ilmu farmasi yang tentunya bermanfaat bagi para pembaca.

7. Jadi Vlogger Niche Kesehatan

Trend video pendek satu menit di sosial media booming banget ya. Nah, dari situlah kita bisa mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan yaitu sebagai vlogger di sosial media (TikTok dan IG) serta YouTube.

Jurusan ilmu farmasi bisa menceritakan pengalamannya sebagai mahasiswa jurusan ilmu farmasi lewat video pendek dan kemudian diposting di media sosial. Jika banyak yang menonton video tersebut maka kalian bisa menerima job review produk obat atau produk kecantikan.

MENGENAL LEBIH DEKAT APA ITU PAFI?

Setelah membahas jurusan ilmu farmasi maka selanjutnya adalah saatnya kita mengenal PAFI. Lalu, apa itu PAFI? PAFI (PERSATUAN AHLI FARMASI INDONESIA) yaitu organisasi untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi.

PAFI


PAFI terbentuk pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Lalu, apa saja tujuan PAFI? Tujuan PAFI yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945, mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyakarat Indonesia, mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia, dan meningkatkan kesejahteraan anggota.

Untuk kalian yang ingin lebih mengenal farmasi bisa berkunjung ke alamat website pafitalaud.org dan untuk para ahli farmasi di daerah Kabupaten Kepulauan TALAUD Provinsi Sulawesi Utara maka bisa bergabung dengan PAFI TALAUD.


Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang informasi kuliah jurusan farmasi dan peluang kerja lulusan farmasi. Jadi, sebelum kuliah memang ada baiknya cari informasi jurusan kuliah yang diinginkan dan diminati, ya! Intinya sih jangan sampai salah pilih jurusan gitu kan, ya? Semoga apapun pilihan jurusan kuliahnya itu ada pilihan yang terbaik.

2 komentar

  1. Bekerja di perusahaan kecantikan tuh lagi booming banget ya, dan cuan banget. Sejak pandemi bahkan sampai sekarang yang namanya produk kecantikan masih sangat dibutuhkan banyak orang. Bahkan banyak dokter umum memilih meneruskan sekolahnya jadi dokter kecantikan :D

    BalasHapus
  2. Dulu sempet mikir kereeen ih kalo kerja di farmasi, krn mereka paham obat2an , tahu bahaya dan efek bagusnya , dan ya itu bisa buat skincare sendiri yg sesuai dengan kulit wajah.

    Tapi memang krn nilaiku ga memenuhi kriteria, alias IPA ku ga secantik IPS ku, akhirnya bye2 aja ama keinginan pertama mba 🤣. Akhirnya memang milih akuntansi yg sesuai jurusan dan nilaiku 😄

    Semoga juga dengan adanya PAFI, benar2 bisa mensejahterakan anggotanya sesuai dengan visi misi mereka ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Siti Faridah dan meninggalkan komentar 🤩