Selasa, 17 Maret 2020

Inilah Lima Perpustakaan yang Pernah Saya Kunjungi!

Perpustakaan
Design by Canva
Perpustakaan adalah tempat istimewa bagi si kutu buku. Saya yang merupakan si kutu buku maka merasa bahagia sekali saat bisa berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan merupakan tempat untuk membaca dan meminjam buku. Akan tetapi ada banyak hal yang bisa didapatkan saat berkunjung ke perpustakaan.

Lalu, apa saja yang saya dapatkan ketika berkunjung ke perpustakaan? Ada banyak hal yang bisa saya dapatkan saat berkunjung ke perpustakaan yaitu bisa membuat saya mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dari buku yang saya baca, lebih hemat uang untuk beli buku karena bisa meminjam buku saja di perpustakaan secara gratis, mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk semangat membaca buku, dan masih banyak yang lainnya. Dan berikut ini adalah lima perpustakaan yang pernah saya kunjungi yaitu,

1. Perpustakaan SD Negeri 1 Kertomulyo

Pernah menjadi bagian dari pengurus perpustakaan di SD Negeri 1 Kertomulyo saat saya masih kelas empat waktu itu. Saya pun pernah mengikuti lomba perpustakaan tingkat kecamatan Brangsong.

2. Perpustakaan SMP Negeri 2 Brangsong

Perpustakaan SMP Negeri 2 Brangsong menjadi tempat favorit saya di hari jum'at saya masih kelas tujuh. Waktu itu saya sering membaca dan meminjam buku di perpustakaan SMP Negeri 2 Brangsong. Selain itu, saya pun juga bisa menonton televisi di perpustakaan SMP Negeri 2 Brangsong.

3. Perpustakaan SMK Lentera Kendal

Saat kelas sepuluh maka saya sering berkunjung ke perpustakaan SMK Lentera Kendal. Saya pun suka membaca buku ilmu pengetahuan dan saat itu saya belum tertarik sama sekali untuk membaca novel.

4. Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal

Perpustakaan daerah Kabupaten Kendal adalah tempat favorit bagi semua kalangan. Mulai dari balita hingga lanjut usia. Adapula para ibu-ibu rumah tangga yang berkunjung ke perpustakaan Kabupaten Kendal untuk membaca dan meminjam buku tentang parenting dan masak memasak.

5. Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Perpustakaan yang lokasinya dengan Taman Budaya Raden Saleh Semarang ini memiliki banyak sekali koleksi buku. Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menjadi tempat favorit bagi para mahasiswa di Kota Semarang dan sekitarnya untuk mengerjakan tugas kuliah.

Perpustakaan bukan hanya tempat favorit bagi si kutu buku. Perpustakaan juga bisa menjadi tempat favorit bagi semua orang karena dengan berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku maka kita mendidik dan mengedukasi diri kita sendiri untuk bisa gemar membaca untuk membuka jendela dunia.
Perpustakaan
Design by Canva
Perpustakaan juga bisa memikat semua orang dengan daya tariknya. Misalnya saja memikat hati seseorang untuk gemar membaca, menjadi pustakawan, dan menjadi seorang fotografer. Untuk menjadi seorang fotografer maka perpustakaan bisa menjadi inspirasi untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dengan tema utama dunia buku. Perpustakaan juga menjadi tempat yang memikat para peserta magang karena saat ini di perpustakaan daerah Kabupaten Kendal ada banyak siswa siswi sekolah menengah kejuruan yang sedang melaksanakan magang di perpustakaan daerah Kabupaten Kendal demi bisa mendapatkan pengalaman kerja di dunia usaha atau dunia industri.
Perpustakaan
Design by Canva
Perpustakaan juga bisa menjadi media penghubung karena menghubungkan semua orang yang suka membaca bisa berkumpul di satu tempat. Perpustakaan juga menjadi media penghubung antara siswa siswi dengan para petugas perpustakaan untuk saling mengenal. Perpustakaan juga bisa menghubungkan seseorang untuk terus berprestasi dan berkarya. Misalnya saja dengan membaca buku di perpustakaan maka bisa menjadi inspirasi seseorang untuk bisa berkarya dengan menulis buku atau merintis sebuah usaha.

Membicarakan perpustakaan maka membuat saya teringat dengan perpustakaan Unsyiah. Di tahun 2020 ini maka perpustakaan Unsyiah menyelenggarakan berbagai macam lomba dalam rangkaian acara Unsyiah Library Fiesta 2020. Untuk info lebih lanjut tentang UPT. Perpustakaan Unsyiah maka bisa mengikuti @upt_perpustakaan_unsyiah di Instagram.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Unsyiah Library Fiesta 2020

8 komentar:

  1. Mbanya hobi banget ya ke perpustakaan :) Suka amaze deh sama orang yang kayak gini, suka baca buku banget ya mba? Hehe. Saya malah kalo ke perpus paling ngga sampe sebegininya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Aku suka baca buku. Tapi tahun ini ingin fokus baca buku non fiksi aja.

      Hapus
  2. hehe keren nih hobinya yg masih suka ke perpus! jaman sekarang perpus dah diganti perpus online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun sering baca buku di perpustakaan digital seperti aplikasi perpustakaan digital iPusnas dan iJakarta.

      Hapus
  3. rajin banget sih ke perpus melulu, anak saya juga suka baca, sayang mau diajak ke perpus daerah gitu jauh banget lokasinya dan nggak ada waktunya, jadinya anak saya seringnya ke perpus di sekolahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerahku juga perpusnya jauh, Mbak. Tapi karena aku suka baca ya lumayan sering ke perpustakaan daerah. Padahal aku nggak rajin loh ke perpustakaan.

      Hapus
  4. perpustakaan provinsi itu aja kayaknya yang pernah saya kunjungi. perpus sd pun ternyata bisa sangat nyaman, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Terakhir ke perpustakaan provinsi Jawa Tengah itu akhir tahun 2019 kayaknya. Tahun 2020 ini belum pernah ke perpustakaan provinsi Jawa Tengah sih aku.

      Hapus