Kamis, 05 Maret 2020

Resep Ikan Bakar Anti Gagal

Pic by Farida Asadi
Apakah kalian tahu kapan pertama kali saya makan ikan bakar? Anggap saja saya ini orang yang agak aneh karena saya baru pertama kali makan ikan bakar saat malam tahun baru 2020. Iya, memang benar kenyataannya seperti itu.

Selama ini saya sering sekali makan ayam bakar. Karena suka ayam bakar jadi saya lebih memilih ayam bakar daripada yang lainnya. Selain itu, harga ikan bakar pun lebih mahal jika dibandingkan dengan ayam bakar sehingga saya lebih memilih ayam bakar. Tapi kemudian saya penasaran ketika adik sepupu saya memasak ikan bakar saat malam tahun baru 2020.

Saat malam tahun baru itulah adik sepupu saya membeli ikan di pasar dan di tempat pelelangan ikan. Adik sepupu juga memasak sendiri ikan tersebut dan ikan tersebut dibakar. Adik sepupu juga menyiapkan sambal tomat dan mentimun sebagai pelengkap. Saya hanya membawa sedikit pelengkap saja yaitu daun kemangi untuk lalapan ikan bakar.
Ikan bakar yang dibuat oleh adik sepupu saya ini rasanya enak dan lezat sekali karena bumbunya melimpah. Dan kemudian saya pun ingin juga seperti adik sepupu saya yaitu memasak dan membakar ikan dengan bumbu yang melimpah agar rasanya enak dan lezat.

Malam tahun baru 2020 kala itu sangat berkesan sekali bagi saya karena saat itu untuk pertama kalinya saya merayakan malam tahun baru di rumah adik sepupu. Karena selama ini biasanya saat malam tahun baru maka saya hanya di rumah saja.

Selain ikan bakar sebagai menu utama saat perayaan malam tahun baru tersebut, adik sepupu juga menyiapkan jagung bakar untuk dimakan secara bersama-sama. Menikmati ikan bakar dan jagung bakar saat malam tahun baru ternyata enak sekali. Apalagi bisa berkumpul dengan adik sepupu di malam tahun baru. Sungguh kebahagiaan yang istimewa.

Saat malam tahun baru itu pula maka saya dan adik sepupu membakar bakso dan sosis. Kenapa demikian? Karena saya dan adik sepupu saya suka dengan sosis dan bakso bakar. Sosis dan bakso bakar pun akan lebih enak jika dimakan dengam sambal atau saus yang pedas.

Kemudian saya pun merasa bahagia saat kakak saya mendapatkan ikan yang lumayan besar sehingga keinginan saya untuk membakar ikan bisa terlaksana. Terima kasih saya ucapkan untuk kakak saya yang dengan senang hati memberikan ikan hasil dari memancing untuk saya. Dan berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat ikan bakar yaitu,

1. Ikan yang Sudah Dibersihkan dan Sudah Dicuci

2. Kecap Manis

3. Garam

4. Bawang Putih

5. Ketumbar

6. Minyak Goreng

Lalu, setelah mengetahui bahan-bahan untuk membuat ikan bakar maka selanjutnya adalah melakukan proses membakar ikan. Dan berikut ini adalah proses dalam membakar ikan yaitu sebagai berikut,

1. Bersihkan dan cuci dulu ikan yang akan dibakar.

2. Haluskan garam, ketumbar, dan bawang putih lalu balurkan pada ikan.

3. Panaskan minyak goreng dan kemudian goreng ikan sampai berubah warna menjadi agak kecoklatan.

4. Angkat dan Tiriskan Ikan setelah digoreng. Kemudian tambahkan kecap dan sisa bumbu yang dihaluskan tadi bisa digunakan lagi untuk dibalurkan ke ikan.

5. Bakar ikan dan bolak-balik ikan agar tidak gosong.

6. Balurkan lagi bumbu dan kecap agar ikan makin terasa bumbunya dan agar makin enak.

7. Setelah ikan matang maka sajikan ikan dengan sambal dan lalapan.

8. Untuk lalapan bisa menambahkan mentimun dan kemangi.

9. Ikan bakar siap untuk dinikmati.

Itulah sedikit cerita dan pengalaman saya saat mencoba memasak ikan bakar. Lalu, apakah kalian suka ikan bakar? Dan apakah kalian pernah memasak ikan bakar? Lalu, apa yang membuat kalian suka dengan ikan bakar?

2 komentar:

  1. owh jadi digoreng dulu ya baru dibakar? hmmm baiklah aku mau cobain juga hehe, makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Karena kalau cuma dibakar aja itu rasanya kurang enak. Ayo bakar ikan, kak. Dan jangan lupa bumbunya yang banyak biar rasanya enak dong tentunya.

      Hapus