Rabu, 20 November 2019

Candi Gedong Songo
Pic by Farida Asadi
Foto saat piknik ke Candi Borobudur kala itu mengingatkan saya tentang pengalaman saya berkunjung ke Candi Borobudur pada saat tahun 2008 ketika saya lulus dari sekolah dasar. Mulai dari situlah akhirnya saya pun ingin berkunjung ke candi-candi yang ada di Indonesia.

Harapan itu terkabul di akhir tahun 2018, akhirnya saya bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo yang lokasinya di Kabupaten Semarang.

Lalu, apa yang kalian ketahui tentang Candi Gedong Songo? Menurut informasi yang saya peroleh dari Wikipedia Indonesia, Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804.

Candi Gedong Songo merupakan Candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 Masehi).

Lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Karena lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, maka suhu udara di area Candi Gedong Songo terasa dingin mulai 19 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius.

Lalu bagaimana pengalaman saya saat berkunjung ke Candi Gedong Songo? Saya merasa senang karena akhirnya bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo.

Setelah memarkirkan sepeda  motor, maka saya dan teman saya langsung saja menuju loket pembelian tiket masuk Candi Gedong Songo.

Harga tiket masuk saat weekdays untuk wisatawan lokal yaitu Rp.8000. Dan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp.75.000. Harga tersebut terjangkau dan tergolong tiket murah meriah bagi saya yang merupakan wisatan lokal.

Setelah memasuki pintu masuk Candi Gedong Songo, maka saya pun melihat langsung Candi Gedong I. Di area Candi Gedong Songo ini ada lima candi dan setiap jadi memiliki lokasi yang lumayan jauh.

Dari paling bawah ada Candi Gedong I, Candi Gedong II, Candi Gedong III, Candi Gedong IV, dan yang tertinggi adalah Candi Gedong V.
Candi Gedong Songo
Candi Gedong I sampai Candi Gedong V. Pic by Farida Asadi.
Butuh perjuangan untuk bisa sampai ke Candi Gedong V. Maka dari itu, harus menyiapkan fisik yang prima dan sehat agar bisa sampai ke Candi Gedong V karena jalan untuk menuju setiap candi selalu menanjak.

Tetap waspada dan hati-hati saat di area Candi Gedong Songo karena Candi Gedong Songo berada di area yang lumayan tinggi.

Selain bisa wisata sejarah di area Candi Gedong Songo dan mengenal Cagar Budaya Indonesia melalui Candi Gedong Songo. Adapula banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar area Candi Gedong Songo yaitu,

1. Wisata Olahraga dan Kesehatan

Selain bisa melatih fisik dengan berjalan kaki saat menuju ke Candi Gedong I sampai Candi Gedong V.

Kalian pun juga menaiki kuda yang ada di sekitar area Candi Gedong Songo. Ada jalur khusus bagi yang ingin berkuda di sekitar area Candi Gedong Songo.
Candi Gedong Songo
Pic by Farida Asadi
Selain bisa berkuda, di sekitar area Candi Gedong Songo maka kita pun bisa melihat langsung belerang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Saat melihat langsung belerang maka jangan terlalu dekat untuk melihat belerang tersebut. Lihat saja belerang dari kejauhan.

Ada asap yang mengepul dari area belerang tersebut. Maka dari itu kalian bisa memakai kacamata yang bisa digunakan untuk pelindung.

Jangan lupa juga untuk memakai masker saat di area belerang karena di area tersebut akan ada bau yang lumayan menyengat dari belerang.

Di dekat area belerang, ada kolam rendam air panas sehingga kalian bisa berendam di area kolam rendam air panas tersebut.

2. Wisata Alam

Karena lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, maka udara di Candi Gedong Songo memang sejuk dan banyak sekali pepohonan hijau yang ada di area Candi Gedong Songo.

Saya pun bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Ungaran saat saya berada di Candi Gedong V.
Candi Gedong Songo
Pic by Farida Asadi
Selain itu, banyak pula bunga-bunga yang cantik yang ada di sekitar Candi Gedong Songo. Adapula sayuran kol yang ditanam di sekitar area Candi Gedong Songo.

Saya merasa bahagia karena bisa melihat langsung sayur kol di area perkebunan sayur kol yang ada di sekitar area Candi Gedong Songo.
Candi Gedong Songo
Pic by Farida Asadi
3. Wisata Kekinian

Selain wisata sejarah, wisata alam, wisata kesehatan, wisata olahraga yang bisa dilakukan di area Candi Gedong Songo, maka kalian pun bisa berkunjung ke wisata kekinian yang ada di sekitar area Candi Gedong Songo yaitu Ayanaz Gedong Songo.
Candi Gedong Songo
Pic by Farida Asadi
Menurut pendapat saya pribadi, Ayanaz Gedong Songo merupakan wisata kekinian yang berada di ketinggian dan kita bisa foto dengan pemandangan yang menarik dan banyak pula spot foto menarik yang ada di Ayanaz Gedong Songo.

Jadi, saat berkunjung ke Ayanaz Gedong Songo maka jangan lupa untuk berfoto di spot foto menarik tersebut.

Tapi saya merasa sedih ketika ada wisatawan yang meninggalkan sampah botol minuman di Candi Gedong V. Saya berharap semua wisatwan yang datang di Candi Gedong Songo sadar untuk membuang sampah pada tempatnya karena sudah disediakan tempat sampah di sekitar area Candi Gedong Songo.

Saat hari libur tiba, maka Candi Gedong Songo ini akan ramai oleh para wisatawan yang datang. Jadi, agar bisa lebih leluasa untuk berwisata di Candi Gedong Songo maka lebih baik berkunjung saat weekdays saja.

Saat berkunjung ke Candi Gedong Songo juga sebaiknya saat pagi hari agar bisa merasa bahagia bisa berlama-lama di Candi Gedong Songo dan sekitarnya.

Itulah sedikit kebahagiaan yang saya rasakan saat berkunjung ke Candi Gedong Songo. Dan dengan tulisan pengalaman saya berkunjung ke Candi Gedong Songo ini maka saya ingin memperkenalkan Cagar Budaya Indonesia kepada seluruh dunia melalui rangkaian kata.

Jika kalian ingin bercerita tentang cagar budaya Indonesia, maka jangan lupa untuk mengikuti lomba "Blog Cagar Budaya Indonesia: Rawat atau Musnah!"
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Cagar Budaya Indonesia

Rumah Maya Farida . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates